RAHASIA SAHABAT

1 2 3 4 5 Rating 4.38 (37 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 Samuel 20:4-13

Kata Yonatan kepada Daud: “Marilah kita keluar ke padang.” Maka keluarlah keduanya ke padang. (1 Samuel 20:11)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Daniel 7-9



“Ini hanya di antara kita berdua”—begitu yang sering terdengar tatkala seseorang memulai pembicaraan rahasia. Senada dengan itulah arti ungkapan “marilah kita keluar ke padang” yang diucapkan Yonatan kepada sahabatnya, Daud. Kala itu “padang” mengandung arti suatu tempat yang sunyi, tersembunyi, dan rahasia (1Sam 20:24, 35, 39). Apabila dua orang sahabat hendak berbagi rahasia (ay. 12-14) di hadapan Tuhan, ke sanalah mereka akan pergi. 

Di antara sahabat pasti saling berbagi rahasia. Perkara yang sukar dikatakan kepada orang lain, sahabatlah tempat kita berkeluh kesah (curhat). Semisal, kita berbagi rasa dan cerita dalam kelompok kecil komunitas gerejawi. Kelanggengan persahabatan terukur oleh keteguhan memegang rahasia satu dengan yang lain. Melalui Amsal, kita tahu, Tuhan sangat menjunjung tinggi sikap teguh menyimpan rahasia seorang sahabat alias tidak membocorkannya (Ams. 20:19; 25:9). 

Di dunia yang konon kian terbuka ini, banyak keburukan dibanggakan atas nama keterbukaan. Salah satunya, kecenderungan membuka apa saja yang sepatutnya bersifat pribadi ke hadapan publik. Tak jarang dengan sengaja hendak mempermalukan. Banyak hubungan dekat retak, persahabatan pun rusak, karena apa yang semula dipercayakan sebagai rahasia ternyata bocor ke mana-mana. Luhur dan langgengnya persahabatan Yonatan dan Daud juga ditandai oleh lulusnya mereka dalam ujian “teguh memelihara rahasia”. Luluskah saya dan Anda melewati ujian yang satu ini?

—PAD/www.renunganharian.net


MEMBOCORKAN RAHASIA SEORANG SAHABAT
TAK LEBIH RINGAN BOBOTNYA DARIPADA TINDAKAN BERKHIANAT


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.