MENYELAMATKAN BUKAN MENGHUKUM

1 2 3 4 5 Rating 4.85 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Lukas 19:1-10

“Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.” (Lukas 19:10)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Lukas 10-11



“Hati-hati dengan si A! Jangan bergaul dekat dengannya!” pesan seorang senior kepada rekan kerjanya yang baru. Mendapat pesan semacam itu, si karyawan baru dengan sengaja mendekati si A untuk mengenalnya lebih dekat. Akhirnya diketahui bahwa A memiliki masalah ekonomi dalam rumah tangga, yang memaksanya melakukan kecurangan demi mendapat penghasilan tambahan. Sejak itu si karyawan baru mengajak A menjalankan bisnis sambilan sehingga ia mendapat tambahan penghasilan tanpa melakukan kecurangan lagi. 

Bertemu Zakheus saat melintasi Yerikho, Yesus menyempatkan diri menumpang di rumahnya. Tentu saja hal ini mengundang kontroversi orang Yahudi mengingat Zakheus adalah seorang kepala pemungut cukai. Jika pemungut cukai saja dipandang sebagai pendosa, bagaimana dengan dirinya yang menjabat sebagai kepala? Namun Yesus mau datang kepadanya. Bukan untuk menjatuhkan hukuman kepada Zakheus, kedatangan Yesus adalah untuk menyelamatkannya. 

Manusia cenderung mengedepankan emosi negatif terhadap orang yang dianggap bermasalah. Kutipan ayat “jauhilah yang jahat” sering disalahtafsirkan untuk membenci pendosa (pelaku dosa). Yesus tidak demikian! Ia memang membenci tindakan dosa, namun tetap mengasihi pendosa. Buktinya, kita yang dahulu hidup dalam dosa diselamatkan-Nya. Begitu pun yang Ia harapkan untuk kita lakukan sebagai pribadi yang telah menerima kasih karunia-Nya: bukan menghukum mereka yang berdosa dengan mengucilkan atau membencinya, melainkan sebisa mungkin menjadi berkat yang menyelamatkan.

—EBL/www.renunganharian.net


JIKA BUKAN KARENA KASIH KRISTUS YANG MENYELAMATKAN,
KITA PUN ADALAH PENDOSA YANG TAK BERDAYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via YouTube Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.