BERSORAK SEPERTI HABAKUK

1 2 3 4 5 Rating 4.43 (30 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Habakuk 3:17-19

Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan ... namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. (Habakuk 3:17-18)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Yohanes 4-5



Mengawali 2020, daerah Jabodetabek dilanda banjir yang cukup parah. Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi karena rumahnya kebanjiran. Namun menariknya, ada berbagai laporan mengenai warga yang tetap mampu tersenyum dan menghibur diri meski mereka menjadi korban banjir. Ada yang berswafoto, memancing, berenang, hingga membuat kopi di tengah banjir. Benar-benar respons yang menarik! 

Membaca pesan firman Tuhan lewat nabi Habakuk ini, spontan mungkin ada pertanyaan, “Kok bisa ya tetap bersorak-sorai dalam kondisi begitu?” Normalnya, orang yang mengalami beberapa hal buruk seperti diuraikan oleh Habakuk akan cenderung bersungut-sungut, bahkan mungkin memprotes Tuhan karena dianggap tidak memberkati. Namun, Habakuk juga membagikan kunci dari respons yang “tak biasa” dalam masa-masa sukar, yakni karena kekuatan dari Tuhan (ay. 19). Hal yang ditegaskan pula dalam kitab Filipi, “Segala hal dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku” (Flp. 4:13). Ya, tanpa Tuhan bekerja dalam diri Habakuk, mustahil untuk merespons keadaan buruk dengan positif, apalagi sampai bersorak-sorai. 

Saya sendiri meyakini bahwa dalam kondisi apa pun, jika kita dapat melihat sisi positifnya, kita masih tetap dapat bersukacita dan memuliakan Tuhan. Hidup kita pun dapat menjadi inspirasi dan kesaksian bagi orang lain, karena mereka melihat respons kita berbeda dari respons yang sering muncul. Syaratnya, kita tetap bersandar pada kekuatan dan kasih karunia-Nya, yang selalu tersedia ketika kita membutuhkan.

—GHJ/www.renunganharian.net


BAGI ORANG PERCAYA, SELALU ADA ALASAN UNTUK MEMULIAKAN TUHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.