GENTONG MINUM DOMBA

1 2 3 4 5 Rating 4.31 (32 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MAZMUR 23

Engkau menyediakan hidangan bagiku … pialaku penuh melimpah. (Mazmur 23:5)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Imamat 16-18



Mazmur 23 merupakan salah satu pasal paling terkenal dari Alkitab. Banyak orang mengaku bahwa ini adalah pasal favorit mereka. Mazmur ini dapat dibacakan atau dikhotbahkan dalam berbagai peristiwa: pernikahan, penghiburan orang sakit, pelayanan kedukaan dan kematian, serta peristiwa sehari-hari lainnya. Beberapa lagu telah digubah dari mazmur ini dan menjadi sangat populer. Jaminan penyertaan dan pemeliharaan Tuhan yang digambarkan dalam mazmur ini memang merupakan dambaan semua orang percaya.

Dari salah satu penelitian terhadap ayat 5 ini, diketahui bahwa piala di sini menunjuk kepada satu batu besar yang dipahat atau dilubangi dan dapat memuat air hingga 150-188 liter, serta difungsikan menjadi tempat minum domba-domba. Tiap petang, sang gembala akan menyediakan gentong batu ini bagi domba-dombanya. Masalahnya, domba tidak bisa menunduk dalam-dalam untuk meneguk jika air di gentong itu surut. Maka sang gembala akan masuk ke dalamnya dan merendam tubuhnya, sehingga permukaan air akan segera naik, bahkan melimpah, dan domba-dombanya bisa minum. Itulah salah satu pengorbanan gembala bagi domba-dombanya. 

Penggambaran Daud akan Allah sebagai gembala ini muncul dari relasinya yang intim dengan Dia. Ini juga makin jelas bagi kita melalui ajaran dan teladan Tuhan Yesus, bahwa “Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya” (Yoh. 10:11). Menyadari hal ini, kiranya kita semakin belajar menaati Tuhan, Gembala kita dan mengasihi-Nya setiap hari.

—HT/www.renunganharian.net


SANG GEMBALA AGUNG TELAH MENGORBANKAN SEGALANYA, BAHKAN NYAWA-NYA BAGI KITA,
MAKA SUDAH SEPATUTNYALAH KITA MENGIKUT DIA DENGAN SETIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.