BERBAKTI PADA ORANG TUA

1 2 3 4 5 Rating 4.62 (26 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: EFESUS 6:1–3

Hormatilah ayahmu dan ibumu—ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: Supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi. (Efesus 6:2–3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 9–10



Seorang pria paruh baya dalam kesaksiannya mengingatkan agar para pendengarnya dapat membaktikan diri pada orang tua mereka selagi masih hidup. "Apa pun yang Anda lakukan, sebaik dan sebanyak apa pun pemberian yang Anda lakukan, semuanya takkan lagi berarti ketika orang tua Anda sudah tidak ada di dunia ini," ujar sang hamba Tuhan dengan nada mengingatkan. Hasil perenungan yang diperolehnya dari pengalaman pribadi, juga penyesalannya karena kurang memperlakukan orang tua dengan baik selagi masih ada kesempatan yang Tuhan berikan.

Mengikuti nasihat agar anak-anak menaati orang tua di dalam Tuhan, Rasul Paulus meneruskan dengan perintah agar mereka juga menghormati ayah dan ibu mereka. Nasihat yang sejatinya merupakan suatu perintah yang penting—karena penting, jadi sebaiknya jangan sampai diabaikan—dan mengandung janji berkat yang luar biasa: Orang yang melakukan akan berbahagia dan panjang umur di bumi. Dua perkara yang kini sedang diburu oleh banyak orang, tetapi mereka tidak tahu caranya. Hari ini rahasia itu dibukakan oleh kebenaran firman-Nya, yakni ketika kita memperlakukan orang tua kita dengan seharusnya, yakni dengan cara menaati dan menghormati mereka.

Nah, bagi kita yang masih memiliki orang tua, kiranya nasihat firman Tuhan hari ini mendorong semangat kita untuk memperlakukan orang tua dengan baik. Bagi kita yang tak lagi memiliki orang tua, kita dapat mempraktikkan firman ini terhadap figur otoritas terdekat yang Tuhan tempatkan dalam hidup kita. Lakukanlah dengan setia karena berkat yang menantinya sangat berharga untuk diperjuangkan.

—GHJ/www.renunganharian.net


BAKTI TERBAIK BAGI SEORANG ANAK HANYA
DAPAT DIRASAKAN KETIKA ORANG TUA MASIH ADA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.