DAFTAR KETURUNAN ADAM

1 2 3 4 5 Rating 4.36 (39 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 5

Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah. (Kejadian 5:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Galatia 1–3



Sesungguhnya waktu kelahiran, durasi hidup, dan kapan manusia meninggalkan dunia ini adalah suatu misteri ilahi. Tidak ada patokan usia tertentu, ketika seseorang dilahirkan atau meninggal dunia, juga durasi yang beragam saat Allah menghendaki manusia hidup di bumi. Inilah yang saya pahami ketika membaca tentang daftar keturunan Adam, yang dimulai dengan pernyataan bahwa manusia diciptakan oleh Allah, yang dibuat menurut rupa Allah.

Catatan penulis Kejadian dimulai dari kelahiran Set, setelah Adam berusia 130 tahun, lalu Allah mengaruniakan anak-anak lelaki dan perempuan lainnya, sebelum meninggal 800 tahun kemudian (ay. 3‒5). Catatan lantas berlanjut pada nama-nama lainnya, hingga muncul nama Nuh dan ketiga anaknya, Sem, Ham, dan Yafet, yang lahir setelah Nuh berusia 500 tahun (ay. 32). Jika kita cermati pasal 5 tersebut, kita akan menemukan beragam usia ketika seseorang memiliki keturunan, melanjutkan kehidupan, lalu kiprahnya berakhir di dunia ini. Semuanya ada kedaulatan Allah, yang berkuasa menentukan lahir, hidup, dan matinya manusia.

Kelahiran dan kematian memang akan tercatat dalam sejarah kehidupan, tetapi apa yang seseorang lakukan semasa hidupnya akan menjadi kenangan abadi—durasinya bahkan melampaui kehidupan orang itu sendiri. Oleh karenanya, selagi masih ada kesempatan, mari pergunakanlah waktu yang ada dengan bijaksana (Ef. 5:16), terlebih untuk mempermuliakan Allah lewat tutur kata, sikap, maupun perbuatan kita sehari-hari. Bagaimana dengan pemanfaatan waktu kita selama ini?

—GHJ/www.renunganharian.net


BUKAN KUANTITAS, TETAPI KUALITAS KEHIDUPAN KITA YANG AKAN
MENENTUKAN SEBERAPA BERHARGA HIDUP YANG KITA JALANI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.