BIASA

1 2 3 4 5 Rating 3.39 (163 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 KORINTUS 10:1–13

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya. (1 Korintus 10:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Efesus 4–6



Ketika mengalami pencobaan, kita mungkin merasa pencobaan yang kita alami bukan pencobaan biasa, tapi luar biasa. Sebelum berlarut-larut merasa demikian, mari kita lihat kisah Jean-Dominique Bauby.

Pada tahun 1995 Jean terkena stroke yang menyebabkan kelumpuhan total, ia bisa berpikir jernih tapi sama sekali tidak bisa berbicara maupun bergerak. Otot yang masih dapat diperintahnya hanyalah kelopak mata kiri. Jean berkomunikasi dengan cara seseorang menunjukkan huruf demi huruf dan Jean akan berkedip untuk huruf yang dipilihnya sampai tersusun kalimat. Dengan cara demikianlah Jean menulis artikel hingga menjadi buku. Jean meninggal tahun 1997 pada usia 44 tahun, dua hari setelah bukunya diterbitkan. Dalam kelumpuhan totalnya, selain menulis buku, Jean mendirikan asosiasi penderita locked-in syndrome untuk membantu keluarga penderita. Ia merencanakan untuk menulis buku selanjutnya, ia hidup untuk mensyukuri hidup dengan melakukan kebaikan. Ia menulis, "Aku akan menjadi orang paling bahagia, jika aku bisa menelan ludahku."

Kita yang merasa sedang mengalami pencobaan luar biasa—saat saya divonis kanker, saya sempat merasa mengalami pencobaan luar biasa—betapa pun pencobaan kita saat ini, kita masih bisa menelan ludah bukan? Rasul Paulus mengingatkan bahwa pencobaan-pencobaan yang kita alami adalah pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Kita pasti kuat, karena Tuhan selalu menyertai kita dan Dia berjanji menyediakan jalan keluar, sesuai dengan kehendak-Nya, bukan sesuai dengan kemauan kita. Itu juga yang saya alami sejak vonis awal terkena kanker sampai akhirnya bisa dilewati.

—IN/www.renunganharian.net


KITA PASTI BISA MELEWATI PENCOBAAN APA PUN KARENA PENCOBAAN
BIASA YANG TIDAK MELEBIHI KEKUATAN MANUSIA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.