HASIL DIDIKAN YANG BENAR

1 2 3 4 5 Rating 4.07 (41 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMSAL 22:1–6

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. (Amsal 22:6)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Yohanes 1Yudas 1



Saya kagum mendengar pengakuan seorang pemuda saat membicarakan soal godaan uang yang sering kali menjebak, menjerat, bahkan dapat menyeret seseorang berurusan dengan hukum. “Sejak kecil saya terbiasa dididik untuk jujur dalam hal keuangan. Apa yang bukan milik saya tidak akan saya ambil, bagaimanapun kondisi yang saya alami,” akunya tanpa ada keraguan dari nada bicaranya. Keteguhan hati yang berawal dari didikan yang konsisten dari orang tuanya membuahkan hasil yang baik, bahkan terbawa hingga ia beranjak dewasa.

Pengakuan pemuda tadi mengingatkan kita akan perkataan penulis Amsal mengenai buah didikan bagi orang muda, yang dapat berdampak positif sampai pada masa tuanya. Dalam terjemahan bahasa Inggris (KJV), digunakan frasa “mendidik anak dalam jalan dimana seharusnya ia berada”, yang dapat kita artikan sebagai “jalan kebenaran” menurut petunjuk firman Allah. Anak-anak hasil didikan seperti ini niscaya akan menjadi orang-orang yang berkomitmen dan berteguh hati untuk hidup seturut dengan kebenaran firman Tuhan.

Rindukah kita memiliki keturunan atau generasi penerus yang berteguh hati untuk hidup dalam kebenaran? Didiklah mereka dengan landasan Alkitab dan lakukanlah dengan konsisten, sekalipun pada prosesnya mungkin terjadi kegagalan demi kegagalan—asalkan kita tidak menyerah, kelak kita akan menuai hasil yang baik seperti janji firman-Nya. Jika anak kita sudah beranjak dewasa, masih belum terlambat untuk mengajarkan kebenaran, meski kita harus melakukan dengan cara yang berbeda.

—GHJ/www.renunganharian.net


HASIL DIDIKAN PADA JALAN KEBENARAN AKAN MENDATANGKAN SYUKUR
KETIKA BUAHNYA TERLIHAT


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.