TILIK

1 2 3 4 5 Rating 3.37 (146 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMSAL 24:30-34

Aku memandang dan memperhatikannya, aku melihatnya dan menarik suatu pelajaran. (Amsal 24:32)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 19-21



Tilik, dalam bahasa Jawa, berarti menengok, membesuk, menjenguk untuk mengungkapkan kepedulian. Biasanya yang ditengok adalah orang sakit, seperti tergambar dalam film pendek Tilik yang viral kala itu. Namun, ketika dikembangkan jadi Tilik the Series, fokusnya bukan lagi pada tilik orang sakit. "Nah, tilik yang dimaksud sekarang ini juga melihat lebih dekat kehidupan .... Tidak hanya untuk menilik orangnya, tetapi membaca situasi lebih besarnya," kata Siti Fauziah, pemeran Bu Tejo. Penjelasan ini mirip dengan pengertian tilik dalam KBBI V, yaitu "penglihatan yang teliti (terutama penglihatan dengan mata batin)".

Salomo seorang penilik yang baik. Saat melewati ladang dan kebun anggur, ia tidak hanya numpang lewat. Ia meluangkan waktu untuk memandang dan memperhatikannya secara teliti. Perhatikan bagaimana ia menggambarkannya secara detail: "... semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan semak duri, dan temboknya sudah roboh" (ay. 31). Ia melihat dengan rasa ingin tahu yang besar, dengan rasa peduli, dengan hati yang terbuka untuk belajar. Hasilnya? Ia memetik pelajaran tentang sifat dan keadaan orang yang malas dan tidak berakal budi. Tilikannya menjadi butiran hikmat dan peringatan yang masih disimak orang sampai sekarang.

"Setiap kali Anda melihat dunia dan orang-orang di dalamnya secara cermat, hal itu mengubah Anda," kata Kate DiCamillo, seorang penulis cerita anak. Adakah kita mengembangkan kecakapan menilik ini dengan baik?

—ARS/www.renunganharian.net


PENILIK YANG BAIK MEMBUKA DIRI SEBAGAI PEMBELAJAR
UNTUK MEMPEROLEH HIKMAT YANG BERHARGA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.