WASPADA YANG MENYELAMATKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.30 (44 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMSAL 22:1-3

Ketika orang cerdik melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka. (Amsal 22:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yosua 5-8



Sejak kecil kita mungkin diajarkan untuk berani mencoba dan menghadapi segala sesuatu. Mungkin maksudnya baik, supaya tumbuh mentalitas yang kuat dan pantang menyerah dalam diri kita sebagai anak. Namun, seberapa dari kita menyadari bahwa ada hal-hal tertentu dalam kehidupan ini dimana ketidakberanian mencoba atau melakukan sesuatu, justru dapat menyelamatkan kita dari malapetaka?

Jika sampai hari ini kita masih tidak berani melakukan korupsi, tidak berani bermain api asmara dengan wanita atau pria lain, atau perbuatan membahayakan lainnya, patutlah kita bersyukur dengan catatan tersebut. Tanpa kita sadari, lewat ketidakberanian melakukan hal-hal di atas, hidup kita masih aman dan keluarga masih utuh. Nas renungan hari ini juga berbicara tentang ketidakberanian yang positif, yakni bersembunyi karena melihat adanya malapetaka di depan mata. Dalam situasi ini, keputusan untuk bersembunyi bukan karena tidak berani, melainkan karena waspada agar jangan sampai mengalami celaka.

Dalam menjalani hidup yang penuh bahaya tak terduga, kita memang perlu mengembangkan kewaspadaan dan tidak mudah panas hati terhadap “tantangan keberanian”, yang membuat banyak orang terjebak dan mengalami melapetaka. Namun, sebagai orang percaya kita juga perlu mengingat bahwa Roh Kudus diberikan untuk menolong kita, bisa lewat suara hati atau firman Tuhan yang menggema dalam hati. Ada baiknya kita dengarkan dan jangan pernah abaikan, supaya kita selamat dari ancaman malapetaka.

—GHJ/www.renunganharian.net


HIKMAT DALAM MENJALANI KEHIDUPAN
AKAN MENGHINDARKAN KITA DARI MASALAH DAN MALAPETAKA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.