THEAGENES DARI THASOS

1 2 3 4 5 Rating 4.22 (41 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: AMSAL 26:23-28

Siapa menggali lubang akan jatuh ke dalamnya, dan siapa menggelindingkan batu, batu itu akan berbalik menimpa dia. (Amsal 26:27)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yosua 16-18



Nama Theagenes dari Thasos begitu dikenal dalam dunia olahraga Yunani kuno. Konon kehebatan orang ini begitu luar biasa, sampai menjadi tak terkalahkan. Untuk mengenang kehebatan Theagenes, didirikanlah patung perunggu di pusat kota. Namun, kehebatan Theagenes rupanya membuat seseorang di Thasos menjadi iri hati karena tak pernah mampu mengalahkan rekor Theagenes. Orang ini lantas mengekspresikan kebenciannya dengan mencambuki patung Theagenes dan berniat merobohkannya. Namun, si pembenci itu malah tertimpa patung yang semula berniat dirobohkannya, lalu menemui ajalnya.

Kebencian dan iri hati tak hanya berdampak merusak, tapi dalam tingkat tertentu ternyata dapat berbalik menimpa orang yang suka mengobarkan kebencian. Nas renungan hari ini hendaknya membuat setiap pembacanya berpikir setiap kali hendak mencelakai orang, yang digambarkan dengan menggali lubang dan menggelindingkan batu. Jika Allah tidak berkenan atas perbuatan itu, maka tinggal menunggu waktu saja si pelaku akan terjatuh ke lubang yang dibuatnya atau kembali “terkena batu” yang pernah dilemparkan ke orang lain.

Tentu saja kita tidak harus mengalami hal yang buruk terlebih dahulu untuk menyadari bahwa niat buruk terhadap orang lain ternyata tidak diperkenan oleh Tuhan. Kita mungkin pernah mendengar atau mengalami sendiri akibat dari niat buruk yang gagal kita cegah sebelum menjadi perbuatan yang malah berbalik mengenai diri kita. Oleh karena itu, mulai hari ini perhatikanlah cara kita menangani godaan iri hati dan keinginan membalas.

—GHJ/www.renunganharian.net


KETIKA BANYAK ORANG MEMILIH MENGUMBAR KEBENCIAN,
PILIHLAH UNTUK MENGENDALIKAN DIRI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.