ALLAH ABRAHAM, ISHAK, DAN YAKUB

1 2 3 4 5 Rating 4.63 (16 Votes)

Baca: Keluaran 3:1-22

Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun. (Keluaran 3:15)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yohanes 11-12



Ada banyak sebutan Allah yang dikenal oleh umat-Nya. Beberapa sebutan muncul setelah para tokoh di dalam Alkitab berjumpa dengan Allah secara pribadi, mengalami pertolongan Tuhan, atau melihat kuasa Tuhan dinyatakan. Kadang-kadang Allah juga memperkenalkan dirinya dengan sebutan tertentu. Salah satunya, Dia menyebut diri-Nya sebagai Allah nenek moyang bangsa Israel: Allah Abraham, Allah Ishak, dan Allah Yakub.

Sebutan ini disampaikan ketika Allah mengutus Musa untuk membebaskan bangsa Israel dari perbudakan Mesir dengan membawa mereka menuju Kanaan, yang pernah Dia janjikan kepada Abraham. Janji ini diulang kepada Ishak, anak Abraham, lalu disampaikan pula kepada Yakub (Israel), cucu Abraham atau anak Ishak. Allah menyebut pribadi-Nya sebagai Allah Abraham, Ishak, dan Yakub untuk mengingatkan bangsa Israel bahwa Dia masih memegang janji yang pernah diucapkan-Nya. Musa hanyalah utusan yang dipakai Allah untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir, tetapi mandat sebenarnya datang dari Allah, Pribadi yang juga sanggup mengingat firman yang pernah disampaikan kepada seribu angkatan (Mzm. 105:8).

Bersyukurlah karena kita menyembah Allah yang setia dengan firman dan janji-Nya. Dia juga tidak pernah melupakan umat-Nya. Jika kita merasa dilupakan oleh-Nya, tepiskan perasaan itu karena Dia senantiasa memedulikan kita. Seperti Dia mengingat nasib umat pilihan-Nya yang tengah diperbudak, Dia juga tidak akan pernah melupakan kita, tidak akan pernah meninggalkan kita.—GHJ

UMAT TUHAN TIDAK PERNAH TERLALU JAUH
DARI PERHATIAN DAN JANGKAUAN TANGAN KASIH-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.