YA, TUNGGU, TIDAK

1 2 3 4 5 Rating 4.13 (23 Votes)

Baca: Lukas 1:5-25

Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan. Elisabet, istrimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes. (Lukas 1:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 10-12



Sangatlah tidak menyenangkan berada di tengah kekacauan lalu lintas pada sore yang gelap dan hujan lebat! Lampu pengatur lalu lintas tidak berfungsi. Entah kerusakan apa yang terjadi sehingga hanya lampu hijau yang menyala. Kemacetan tak terhindarkan. Suara klakson dan teriakan semakin keras terdengar. Para pengendara tidak sabar dan mengabaikan polisi yang berusaha mengatur lalu lintas.

Lampu pengatur lalu lintas mengingatkan saya akan jawaban doa dari Tuhan. Sebagai orang yang hidup benar dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan (ay. 6), sangatlah wajar jika Zakharia dan Elisabet berharap agar Tuhan memberikan anak sebagai jawaban doa mereka. Walaupun rasanya mustahil, justru pada masa tua mereka, Zakharia dan Elisabet menerima jawaban doa mereka: seorang anak (ay. 13)! Tuhan memberikan anak itu bagi Zakharia dan Elisabet bukan semata-mata agar mereka bersukacita. Tuhan nyatanya memiliki rencana yang jauh lebih besar dari impian mereka. Anak dalam kandungan Elisabet akan dipakai-Nya untuk mempersiapkan kedatangan Yesus, Sang Mesias (ay. 16-17).

Jawaban doa tidak tergantung pada seberapa kita layak karena kita tidak pernah cukup layak di hadapan Tuhan. Jawaban doa bukan karena kita berhak menerima imbalan atas jasa kita kepada Tuhan. Tuhan tahu yang terbaik bagi hidup anak-anak-Nya. Ada saatnya Dia menyalakan lampu hijau dan menjawab ya; dapat juga lampu merah dinyalakan dan Dia menjawab tidak; atau lampu kuning saat Dia menjawab tunggu.—SWS

TUHAN MENJAWAB DOA KITA BUKAN MENURUT KELAYAKAN KITA,
MELAINKAN MENURUT KEMURAHAN HATI DAN KEBIJAKSANAAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.