ANCAMAN MENJADI KEKUATAN

1 2 3 4 5 Rating 4.33 (15 Votes)

Baca: Kisah Pr. Rasul 9:1-22

Semua orang yang mendengar hal itu heran dan berkata: "Bukankah dia ini yang di Yerusalem mau membinasakan siapa saja yang memanggil nama Yesus ini? Dan bukankah ia datang ke sini dengan maksud untuk menangkap dan membawa mereka ke hadapan imam-imam kepala?” (Kisah Pr. Rasul 9:21)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Kisah Para Rasul 23-25



Film serial dokumenter di televisi, Locked Up Abroad, mengisahkan ancaman atas seseorang atau beberapa orang turis di luar negeri. Penonton digiring agar dapat merasakan ketegangan tokoh utama yang berusaha terlepas dari berbagai ancaman yang menimpa dirinya. Kejadian-kejadian yang menimpanya kerap begitu pelik sehingga penonton akan kesulitan menebak bagaimana tokoh utama dapat meloloskan diri dari jebakan dan kembali ke negaranya. 

Jemaat di Yerusalem menghadapi situasi yang sama. Mereka mengalami penganiayaan yang hebat, ditangkapi dan dimasukkan dalam penjara oleh Saulus (Kis. 8:1-3). Maka, ketika Tuhan berfirman kepada Ananias di Damsyik, wajarlah jika Ananias menyebut Saulus sebagai ancaman utama jemaat (ay. 13-14). Namun, jawaban Tuhan sungguh tak terduga. Dia memberitahukan bahwa Saulus adalah orang pilihan untuk memberitakan Injil. Ananias pun akhirnya menerima, mendoakan, dan menyebut Saulus sebagai saudara (ay. 15-17). Saulus, yang tadinya merupakan ancaman, berubah menjadi pemberita Injil yang gigih (ay. 20-22). 

Kita hidup pada zaman yang penuh dengan ancaman dan kekerasan. Pergolakan geopolitik, ketidakpastian ekonomi, dan maraknya ajaran yang tidak sesuai dengan firman Tuhan berpotensi mengancam kelangsungan hidup jemaat Tuhan. Solusinya adalah tetap berpegang pada firman Tuhan dan mengandalkan Tuhan dalam segala keadaan. Dia mampu mengubah ancaman menjadi pembawa kebaikan dan kesejahteraan bagi jemaat-Nya.

—HC/www.renunganharian.net


HANYA TUHAN YANG DAPAT MENGUBAH ANCAMAN
MENJADI PEMBAWA KESEJAHTERAAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.