JASMANI DAN ROHANI

1 2 3 4 5 Rating 4.64 (22 Votes)

Baca: Kolose 3:18-25

Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. (Kolose 3:23)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Korintus 14-16



Banyak orang menganggap makan, minum, tidur, piknik dan bekerja sebagai contoh kegiatan jasmani. Adapun berdoa, membaca Alkitab, beribadah di gereja, mengikuti persekutuan, memberikan persembahan, dan melayani di gereja termasuk kegiatan rohani. 

Saya jadi bertanya-tanya, sungguhkah berdoa merupakan tindakan rohani jika kita hanya menyampaikan tuntutan agar Tuhan senantiasa mengabulkan permohonan kita? Sungguhkah kita memuliakan Tuhan melalui persembahan jika motivasi kita adalah memegang kendali dan mencari sanjung puji? Sungguhkah membaca Alkitab berguna bagi pertumbuhan rohani jika dibaca sambil lalu, sekadar rutinitas, tanpa berusaha menyatakan kebenaran ajarannya dalam tingkah laku? Namun, tidakkah melalui pekerjaan kita nama Tuhan dimuliakan jika kita bekerja dengan jujur, tulus, ulet dan penuh rasa tanggung jawab? 

Bagi sebagian orang, jasmani dan rohani sering diibaratkan sebagai dua sisi mata uang yang bertolak belakang. Di dalam gereja mereka menunjukkan kesalehan, tetapi di luar gereja mereka merasa bebas berlaku sesuka hati. Anggapnya, selama keduanya berjalan dengan seimbang, jaminan keselamatan dari Tuhan tetap dalam genggaman. Namun, Paulus mengingatkan jemaat Kolose, supaya spiritualitas Kristen selalu nampak dalam setiap aktivitas sehari-hari, termasuk pada saat melakukan kegiatan yang bersifat jasmaniah. Sekalipun bersifat jasmani, tetap harus dijiwai secara rohani. Semua pekerjaan dan aktivitas orang percaya harus menjadi pelayanan yang berkenan bagi Tuhan.

—EBL/www.renunganharian.net


PENGIKUT KRISTUS MELAKUKAN SEGALA AKTIVITAS
SEBAGAI WAKIL KERAJAAN ALLAH DI DUNIA INI


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.