BIAR BERSIH

1 2 3 4 5 Rating 4.53 (32 Votes)

Baca: Mazmur 119:1-16

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu. (Mazmur 119:9)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Ibrani 1-4



Suami saya minum kopi setiap pagi. Ia selalu mengucurkan air bersih dari keran ke gelas bekas kopi yang berisi sisa bubuk kopi di dalamnya. Air keran memenuhi dan selanjutnya meluber keluar dari gelas. Lama-kelamaan sisa bubuk kopi ikut keluar dari gelas dan gelas menjadi bersih. 

Pemazmur menyatakan, rahasia untuk mempertahankan kelakuan bersih adalah dengan menjaganya sesuai dengan firman Tuhan. Dalam hati, ia menyimpan janji Tuhan, agar ia jangan berdosa (ay. 9, 11). 

Dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus menyatakan, kita memang sudah bersih karena firman yang telah Tuhan katakan kepada kita (Yoh. 15:3). Firman Tuhan adalah kebenaran yang menguduskan (Yoh. 17:17). Rasul Paulus menjelaskan, segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2Tim. 3:16). Betapa bernilainya firman Allah sebagai pembersih di dalam hati dan pikiran kita. 

Kita perlu mendisiplinkan diri untuk membaca Alkitab secara rutin setiap hari. Firman Tuhan yang terus-menerus kita baca dan kita dengar ibarat air mengalir yang akan terus-menerus mengisi hati dan pikiran kita sehingga membersihkan dan mengeluarkan kotoran dosa dari dalam kehidupan kita. Firman Tuhan bukan hanya dapat menjaga kelakuan kita tetap bersih, melainkan juga bekerja mengubah karakter kita menjadi semakin serupa dengan karakter Kristus.

—IN/www.renunganharian.net


MEMBACA DAN MENDENGARKAN FIRMAN TUHAN SECARA RUTIN
MENJAGA HATI, PIKIRAN, DAN HIDUP KITA TETAP BERSIH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.