MENGHITUNG PENGAMPUNAN?

1 2 3 4 5 Rating 4.83 (40 Votes)

Baca: Matius 18:21-35

Yesus berkata kepadanya, “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.” (Matius 18:22)


Bacaan Alkitab Setahun: 
2 Korintus 9-13



Ajaran tentang pengampunan rasanya takkan ada habisnya untuk dibahas. Sepanjang kehidupan manusia berlangsung, dengan potensi konflik dan masalah yang sangat mungkin terjadi dalam berbagai bidang kehidupan, kebutuhan untuk pengampunan akan tetap ada. Termasuk dalam relasi di antara sesama orang percaya maupun dalam kehidupan berkeluarga, yang notabene seharusnya diwarnai kehidupan yang penuh kasih dan saling mengampuni. 

Pertanyaan yang diajukan Petrus tentang pengampunan mendapat tanggapan yang mengejutkan dari Yesus. Jika Petrus merasa bahwa tujuh kali pengampunan sudah cukup, Yesus “melipatgandakan” hingga 70 kali lipat! Tentu yang Yesus maksud bukanlah perhitungan matematis, yakni tujuh puluh kali tujuh. Yesus hendak mengajarkan bahwa dalam mengampuni, sebaiknya kita tidak melakukan hitung-hitungan. Artinya, kapan pun pengampunan dibutuhkan, diharapkan kita dapat memberikannya. Semuanya demi kebaikan kita dan orang yang kita ampuni, supaya relasi dapat kembali terjalin dalam suasana damai sejahtera. Bagi orang yang menolak atau sukar mengampuni, ia melupakan fakta bahwa dirinya juga telah diampuni oleh Tuhan, yang tak pernah hitung-hitungan dalam memberikan pengampunan terhadap setiap dosa dan kesalahan yang diperbuatnya. 

Sampai hari ini, kita tentu sudah menerima banyak pengampunan, yang menenteramkan hati, melegakan, dan memberi kita harapan baru untuk berubah ke arah yang lebih baik. Maukah kita mengalirkan berkat yang sama kepada orang yang memerlukan pengampunan kita?

—GHJ/www.renunganharian.net


ORANG YANG MENYADARI DIRINYA DIAMPUNI
AKAN LEBIH MUDAH MEMBERIKAN PENGAMPUNAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

 


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.