NASIHAT YANG BERKUALITAS

1 2 3 4 5 Rating 4.36 (42 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 TESALONIKA 2:1-4

Sebab nasihat kami tidak lahir dari kesesatan atau dari maksud yang tidak murni dan juga tidak disertai tipu daya. (1 Tesalonika 2:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kidung Agung 5-8



Kita hidup pada zaman di mana ada banyak nasihat bertebaran di sekitar kita, termasuk yang tersedia lewat media online yang dapat kita baca setiap saat melalui gawai di tangan. Namun, tak semua nasihat tadi, meski tampak baik, dapat kita percayai. Faktanya, terkadang ada nasihat yang melenceng dari kebenaran firman Tuhan dan cenderung berdampak negatif jika kita menurutinya. Sebagai contoh, ada pasangan suami istri yang memutuskan untuk bercerai karena sang suami menuruti nasihat orang tuanya agar menceraikan istrinya—dilandasi oleh ketidakcocokan antara mertua dan menantu.

Firman Tuhan hari ini memberi dua catatan mengenai nasihat: Pertama, tidak lahir dari kesesatan—bisa diartikan lahir dari kebenaran karena pengenalan akan Allah. Kedua, disampaikan dengan penuh kemurnian dan tidak ada tipu daya. Artinya, nasihat disampaikan untuk kebaikan dari orang yang menerima nasihat, bukan demi keuntungan si pemberi nasihat. Tidak mudah menemukan orang dengan kualitas nasihat seperti itu. Namun, seiring dengan pengenalan kita akan orang lain, lambat laun kita akan mampu memilah dan memilih nasihat mana yang harus kita terima dan mana yang kita abaikan.

Berbicara soal nasihat yang buruk, jika tidak berhati-hati kita pun dapat menjadi pelakunya—dengan memberikan nasihat yang keliru atau nasihat yang buruk kepada orang lain. Oleh karenanya, kita perlu memohon pimpinan dari Roh Kudus senantiasa, agar nasihat yang kita berikan lahir dari kebenaran, dengan niat yang tulus untuk menolong sesama.

—GHJ/www.renunganharian.net


NASIHAT BERKUALITAS LAHIR DARI HATI
YANG MENGASIHI ALLAH DAN SESAMA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.