MERAYAKAN KEJUJURAN

1 2 3 4 5 Rating 4.40 (40 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MAZMUR 32

Bersukacitalah dalam TUHAN dan bersorak-soraklah, hai orang-orang benar; bersorak-sorailah, hai orang-orang jujur! (Mazmur 32:11)


Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 1



Agus terkejut saat melihat saldo di rekeningnya bertambah lebih dari 1 miliar rupiah. Ia pun segera melaporkan ke pihak bank, karena meyakini adanya kekeliruan transfer ke rekening banknya. Setelah dicek, memang ada seorang pegawai bank yang keliru mengirim uang. Pihak bank lantas berterima kasih atas kejujuran dan ketulusan yang Agus perlihatkan, lalu berterima kasih seraya memberi hadiah sebuah jam tangan. “Kok cuma diberi jam tangan sih, padahal uangnya 1 miliar lebih,” begitu respons teman-teman Agus mendengar akhir cerita dari kesalahan transfer itu. “Tak masalah, kejujuran saya tidak dapat dinilai dengan materi,” balas Agus tanpa bermaksud membanggakan diri.

Seberapa tinggikah nilai kejujuran itu? Bagi saya, kejujuran adalah perkara yang tidak ternilai dengan materi. Terlebih jika kita melihat kondisi kehidupan masa kini, dimana kejujuran semakin susah untuk ditemukan, juga tidak mudah untuk dipraktikkan. Ada banyak berita mengenai hal ini, tak hanya terkait uang, tetapi juga perilaku lain, termasuk ketidakjujuran seseorang kepada pasangannya. Sejatinya, kejujuran menjadi tak ternilai karena nilainya memang sangat tinggi, karena Tuhan menghargainya dan siap memberi berkat bagi orang jujur.

Inilah yang dialami oleh Daud, terkait dosa yang pernah dilakukannya, tetapi lantas diakuinya dengan jujur di hadapan Allah. Itulah yang mendasari mazmurnya, saat menyatakan bahwa sudah selayaknya orang benar, orang jujur bersukacita dan bersorak-sorai. Ya, kejujuran memang patut dirayakan karena sangat bernilai!

—GHJ/www.renunganharian.net


JANGAN PERNAH MENYESALI KEJUJURAN YANG ANDA LAKUKAN,
KARENA NILAINYA BEGITU TINGGI DI HADAPAN ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.