AMBISI HERODES

1 2 3 4 5 Rating 4.83 (35 Votes)

Baca: MATIUS 2:13-23

Ketika Herodes tahu bahwa ia telah diperdaya oleh orang-orang majus itu, ia sangat marah. Lalu ia menyuruh membunuh semua anak di Betlehem dan sekitarnya, yaitu anak-anak yang berumur dua tahun ke bawah .... (Matius 2:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Wahyu 17-18



Sikap ambisius dan penuh curiga melekat pada diri Herodes Agung, raja Yahudi yang memerintah pada waktu kelahiran Yesus. Ia sadar bahwa orang-orang Yahudi tidak menyukainya karena ia memiliki garis keturunan Edom (Idumea) dari ayahnya. Maka ia berusaha mengambil hati rakyat dengan membangun Bait Allah di Yerusalem. Tetapi upaya itu tidak berhasil meluluhkan hati mereka. Ia pun membangun kuil-kuil berhala.

Dalam catatan sejarah, ia melakukan berbagai kekejaman karena merasa takhtanya terancam. Tahun 29 SM, ia menyingkirkan Mariamne, istrinya sendiri, karena dianggap menginginkan takhtanya. Pada tahun 7 SM, ia juga menjatuhi kedua anaknya dari Mariamne dengan hukuman mati karena dianggap bersekongkol menentang ayahnya.

Tidak heran ketika orang-orang majus memberitahukan Herodes tentang kelahiran seorang raja Yahudi, ia sangat gusar. Ketika siasatnya untuk memanfaatkan para majus tidak berhasil, ia pun memerintahkan pembunuhan semua anak laki-laki berusia dua tahun ke bawah di Betlehem dan sekitarnya. Ia ingin memastikan tidak ada ancaman bagi takhtanya. Ironisnya, hanya beberapa hari sebelum kematiannya, ia menghukum mati anaknya yang lain karena dicurigai ingin menjadi raja menggantikannya.

Memiliki ambisi tentulah hal yang wajar. Itu mendorong kita untuk mendapatkan atau meraih sesuatu. Namun jika tidak dikendalikan, ia bisa saja memperbudak kita. Bahkan menjerumuskan kita ke dalam kehancuran. Kiranya kita terus belajar menyelaraskan setiap ambisi kita di bawah terang firman Tuhan.

—HT/www.renunganharian.net


HATI YANG DIKUASAI DOSA HANYA MENGHASILKAN BALA DAN BENCANA.
HATI YANG DISERAHKAN PADA TUHAN AKAN MEMBAWA DAMAI DAN SENTOSA.


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.