FENOMENA HUJAN ES

1 2 3 4 5 Rating 4.57 (44 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KELUARAN 9:22-35

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Ulurkanlah tanganmu ke langit, supaya hujan es turun di seluruh tanah Mesir, menimpa manusia dan binatang dan menimpa tumbuh-tumbuhan di padang di tanah Mesir.” (Keluaran 9:22)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 37-39



Mungkinkah hujan es dan salju turun di Indonesia? Dahulu saya sempat berpikir bahwa hal tersebut tidak mungkin, karena kondisi iklim dan cuaca di Indonesia yang berbeda dengan di Eropa atau Amerika. Namun, setelah mendapatkan penjelasan ilmiah dari beberapa sumber yang valid, ternyata kondisi ekstrem tersebut mungkin terjadi. Frekuensi turunnya salju memang jarang terjadi, tetapi laporan mengenai hujan es pernah disampaikan dari beberapa daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Fenomena hujan es yang dahsyat juga pernah dialami oleh rakyat Mesir pada zaman Musa. Bedanya, kali ini hujan es terjadi bukan sekadar faktor alam, tetapi sepenuhnya karena kehendak Allah. Ya, untuk kesekian kalinya Allah menurunkan tulah kepada bangsa Mesir karena Firaun menolak untuk melepaskan bangsa itu keluar dari Mesir. Hujan es turun ditambah dengan api yang menyambar dari langit membinasakan manusia, binatang, dan segala tumbuhan yang ada di padang. Namun, setelah bencana dahsyat itu berlalu, Firaun masih berkeras tidak mau melepaskan bangsa Israel seperti yang Allah kehendaki.

Dalam kehidupan ini, adakalanya Allah memakai fenomena alam maupun peristiwa “tak biasa” lainnya, untuk mengingatkan manusia akan kemahakuasaan Allah. Bagaimanapun, di hadapan Allah tak ada seorang pun yang dapat memegahkan diri atau mengeraskan hati terhadap peringatan yang Allah berikan. Tindakan mengeraskan hati, seperti dilakukan oleh Firaun, hanya akan mendatangkan akibat yang jauh lebih buruk. Selama ini, bagaimana respons kita terhadap peringatan dari Allah?

—GHJ/www.renunganharian.net


MANUSIA YANG PALING CELAKA ADALAH MANUSIA YANG SELALU
MERESPONS NEGATIF TERHADAP PERINGATAN DARI ALLAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.