MENEMUI SAHABAT ROHANI

1 2 3 4 5 Rating 4.63 (27 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 12:1-8

Enam hari sebelum Paskah, Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. (Yohanes 12:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
Hakim-hakim 12-14



Bertarung sendirian. Mungkin begitulah gambaran tentang Yesus yang tertanam di benak kita. Gambaran ini diteguhkan oleh kisah sengsara, mulai dari Getsemani sampai Golgota, Yesus bergumul dan menanggung derita tanpa ada seorang pun sahabat yang mendampingi-Nya. Bisa jadi kita kemudian berpikir bahwa keberhasilan Yesus di dalam misi-Nya adalah buah dari penyerahan diri yang murni kepada Allah Bapa.

Akan tetapi, kita melihat bagaimana beberapa hari sebelum sendirian menanggung sengsara, Yesus tidak melulu menyendiri melainkan juga menemui sahabat-sahabat rohani. Dia datang ke rumah Lazarus di Betania. Bagi Yesus, Lazarus bukan sekadar orang yang belum lama Dia bangkitkan dari kematian. Di hati Yesus, tiga bersaudara Lazarus, Marta dan Maria adalah sahabat yang sungguh-sungguh dikasihi dan mengasihi-Nya. Bukan kebetulan jika merekalah yang Yesus temui menjelang sengsara, wafat dan penguburan-Nya. Di dalam kemanusiaan-Nya, Yesus merindukan penguatan Ilahi melalui mereka. Gayung bersambut: Marta menjamu Dia, Lazarus makan bersama-Nya, dan Maria meminyaki kaki-Nya dengan setengah liter minyak narwastu yang mahal harganya. Sungguh, bagi Yesus ini merupakan keramahtamahan yang menguatkan ketika ajal-Nya sudah di depan mata.

Bagaimana dengan kita? Harus diakui bahwa saat ini kita hidup di tengah dunia yang begitu mengagung-agungkan kemandirian. Bukan tidak mungkin, kehidupan beriman kita juga terpengaruh sehingga terkadang, atau bahkan sering, kita merasa cukup beriman sendirian. Namun, sesuai teladan Yesus, mari kita menemukan Tuhan di dalam diri sahabat-sahabat rohani yang sungguh-sungguh peduli.

—YAP/www.renunganharian.net


MARI MENEMUKAN TUHAN BUKAN HANYA DI DALAM KESENDIRIAN,
MELAINKAN JUGA DI DALAM DIRI SAHABAT-SAHABAT ROHANI YANG SUNGGUH-SUNGGUH PEDULI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.