TERIMA ATAU TIDAK?

1 2 3 4 5 Rating 4.23 (35 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MATIUS 27:1-10

Ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri. (Matius 27:5)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Samuel 28-31



Seorang ayah membeli sebuah buku cerita, lalu memberikannya kepada putranya. “Tidak mau, Aku tidak suka membaca,” kata putranya. Ketika sang Ayah memberikannya kepada anak tetangga, putranya marah. “Ayah membelinya untukku. Buku cerita itu milikku,” katanya. “Memang ayah membelinya untukmu, tetapi buku itu tidak menjadi milikmu karena kau tak mau menerimanya,” ayahnya menjelaskan.

Sesuatu yang diberikan kepada kita tidak menjadi milik kita jika kita tidak mau menerimanya. Sama halnya dengan pengampunan. Tuhan sudah memberikan kasih karunia berupa pengampunan kepada kita. Namun terserah kita menerimanya atau tidak. Jika kita terima, kita terbebas dari dosa. Tetapi jika tidak, dosa tetap melekat di diri kita. Yudas dan Paulus, keduanya pendosa besar, jahat sekali perbuatan mereka. Yudas mengkhianati Yesus dengan menjual-Nya senilai 30 uang perak (Mat. 26:14-16). Sementara Paulus, ia giat menganiaya jemaat Kristus (Kis. 9:1-2). Yesus memberikan pengampunan kepada semua orang berdosa, termasuk mereka. Paulus menyambut anugerah pengampunan Yesus. Penuh sukacita ia menerima kasih karunia berupa penghapusan dosa (Rm. 7:24-25). Ironis Yudas justru menolak! Ia terus tenggelam dalam perasaan bersalah, dan mencari jalannya sendiri, sampai akhirnya mati menggantung diri (ay. 5).

Janganlah meniru jejak Yudas. Seperti Paulus, mari terima dengan penuh ucapan syukur kasih karunia yang Yesus berikan kepada kita! Tidak peduli sebesar apa pun dosa yang telah kita lakukan, pengorbanan Yesus cukup untuk menghapuskannya. Alih-alih berkubang dalam perasaan bersalah, mari bertekad menjauhkan diri dari dosa.

—LIN/www.renunganharian.net


PENGAMPUNAN TIDAK AKAN KITA DAPATKAN
JIKA KITA TIDAK MAU MENERIMANYA DARI YESUS


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.