ANAK-ANAK ALLAH

1 2 3 4 5 Rating 4.03 (36 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: ROMA 8:1-17

Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. (Roma 8:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ezra 3-5



Gedung gereja sering disebut sebagai rumah Tuhan. Karena itu dengan mudah orang mengatakan bahwa anak-anak Tuhan adalah mereka yang rajin datang ke gereja. Sebagian orang menambahkan, anak-anak Tuhan adalah mereka yang menerima baptis.

Lebih daripada itu, anak-anak Allah memiliki ciri hidup dalam pimpinan Roh. Roh Allah membebaskan kita dari siklus dosa, sehingga oleh pengangkatan dari Allah kita menjadi anak-anak-Nya. Roh Kudus memberi kesaksian dalam hati, meyakinkan kita bahwa kita adalah anak-anak Allah (ay. 16). Oleh Roh kita mampu dan berani menyapa Allah sebagai Bapa tanpa merasa takut karena dosa-dosa kita sudah diampuni-Nya (ay. 15).

Pembenaran di dalam Roh Kudus adalah dasar dan titik awal pengudusan. Anugerah keselamatan membawa kita bertumbuh dalam keserupaan dengan Kristus. Roh Allah memerdekakan dari dosa supaya hidup anak-anak Allah tidak dikendalikan oleh keinginan daging (ay. 13). Kemerdekaan dari dosa ditandai dengan hidup dalam kesucian, aktif bertindak melawan dosa untuk menghasilkan buah-buah kebenaran. Tindakan aktif ini bukan sekadar melakukan perbuatan yang kelihatan rohani tanpa dijiwai oleh motivasi yang benar. Bukan pula kamuflase yang digunakan sebagai topeng rohani. Hidup oleh Roh menghasilkan perubahan pola pikir, motivasi dan cara hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Selanjutnya, perubahan tersebut membuahkan kehidupan yang dipenuhi kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri.

—EBL/www.renunganharian.net


OLEH ROH KITA DIANGKAT MENJADI ANAK-ANAK ALLAH,
HIDUP DALAM KESUCIAN DAN MENGHASILKAN BUAH KEBENARAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.