RELASI

1 2 3 4 5 Rating 3.94 (95 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YOHANES 17:24-26

“Ya Bapa, Aku mau supaya, di mana pun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.” (Yohanes 17:24)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ayub 38-40



Seorang teman pernah berkata bahwa doa mengandung keyakinan iman di dalamnya. Dari doa yang dipanjatkan seseorang, kita bisa menduga pemahaman iman apa yang diyakininya dan bagaimana relasinya dengan Allah. Pandangan ini tentu saja perlu disikapi secara hati-hati, agar kita tidak lantas mudah menilai dan menghakimi iman seseorang melalui doa yang dipanjatkannya.

Di sisi lain pernyataan tersebut ada benarnya juga. Dari doa Tuhan Yesus (ps. 17), kita dapat melihat pemahaman iman yang terkandung di dalamnya. Terlihat bagaimana relasi-Nya dengan Bapa, relasi Tuhan Yesus dengan para murid, dan bahkan dengan orang-orang yang nanti akan percaya melalui para murid. Kita bisa melihat Tuhan Yesus dan Bapa saling mengasihi sejak dunia belum dijadikan. Tuhan Yesus juga mengundang para murid untuk masuk dalam relasi yang intim dengan-Nya dan bersifat kekal, seperti relasi Tuhan Yesus dengan Allah Bapa, agar mereka dapat mengenal-Nya secara pribadi, sehingga orang lain melihat Kristus melalui mereka. Relasi Tuhan Yesus dengan Bapa menjadi dasar dalam relasi-Nya dengan para murid, dan relasi-Nya dengan para murid menjadi dasar relasi para murid dengan sesama.

Allah adalah Allah yang berelasi, dan kita diundang untuk masuk dalam relasi yang intim dengan-Nya dan relasi ini bersifat kekal. Mari kita renungkan, bagaimana kondisi relasi kita dengan Allah, dan bagaimana pengaruhnya terhadap relasi kita dengan sesama. Sekalipun aktivitas kita mungkin terbatas, kita tetap dapat mendoakan sesama kita.

—RA/www.renunganharian.net


SEPERTI TUHAN YESUS YANG MENDOAKAN PARA MURID,
SEJAUH MANA KITA MENDOAKAN SESAMA KITA?


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria

Respons:


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.