MEMBIASAKAN DIRI UNTUK TAAT

1 2 3 4 5 Rating 4.50 (40 Votes)

Baca: 1 PETRUS 1:13-14

Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu. (1 Petrus 1:14)


Bacaan Alkitab Setahun:
Lukas 12-13



Mengamati perilaku manusia yang cenderung sukar dalam menaati peraturan, saya semakin menyadari bahwa taat adalah karakter yang perlu ditumbuhkan lewat pembelajaran seiring berjalannya waktu. Tanpa adanya pembiasaan, yang berawal dari kesediaan untuk taat, niscaya akan sukar untuk menjadikan ketaatan sebagai gaya hidup, baik dalam hal menaati peraturan yang dibuat oleh manusia maupun menaati firman Allah.

Nas hari ini mendorong setiap orang percaya untuk menjadi anak-anak Allah yang taat, yang disertai larangan untuk menuruti hawa nafsu seperti yang dahulu dilakukan sebelum mengenal Allah. Seseorang yang mengaku mengenal Allah seharusnya akan lebih mudah menaati firman Allah, yang juga dijadikannya landasan untuk menaati peraturan-peraturan di dunia ini—selama segala peraturan itu tidak bertentangan dengan firman Allah. Membiasakan diri untuk taat tentu akan menjadi tantangan yang perlu kita respons dengan tepat. Kita pun masih mungkin gagal untuk taat, tetapi jangan biarkan diri kita berada dalam kondisi tersebut dalam waktu lama.

Sebenarnya prinsip ketaatan itu sederhana: Jadikanlah kebiasaan sampai kita merasa tidak damai sejahtera ketika hendak melanggar aturan yang seharusnya kita taati. Sekali lagi, ini bukanlah perkara mudah karena selalu ada tantangan dan ujian atas ketaatan kita. Namun, sambil menatap dampak positifnya ketika ketaatan itu sudah “mendarah daging” dalam diri kita, niscaya kita akan lebih termotivasi untuk menjadikan ketaatan sebagai bagian hidup yang tak terpisahkan.

—GHJ/www.renunganharian.net


HIDUP MENAATI ALLAH KARENA PEMAHAMAN AKAN KEBENARAN,
AKAN MEMUDAHKAN KITA DALAM MENAATI PERATURAN DALAM HIDUP KESEHARIAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.