ADU KEKUASAAN?

1 2 3 4 5 Rating 4.75 (20 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kejadian 16:1-16

Sebab katanya: “Bukankah di sini kulihat Dia yang telah melihat aku?” (Kejadian 16:13b)


Bacaan Alkitab Setahun:
Bilangan 12-13



Nasihat Jawa kuno berbunyi: Ing lakon omah-omah ora ana menang kalah, yen ana sing kalah, sakabehe padha kalah (Dalam kehidupan rumah tangga tidak berlaku menang dan kalah; jika ada yang dikalahkan, sesungguhnya yang kalah adalah semua).

Tak sabar menanti pemenuhan janji Tuhan dan tidak tahan untuk segera mengendalikan hidupnya ke arah yang dikehendaki, Abram dan Sarai menempuh jalannya sendiri. Sarai memberi kuasa untuk Abram menikahi budaknya, Hagar, demi mendapat keturunan. Setelah menjadi istrinya, Hagar dalam kekuasaan Abram. Sesudah mengandung, Hagar merasa punya kuasa untuk “merendahkan” Sarai. Geram dan merasa dilecehkan, Sarai menyudutkan suaminya demi mengambil alih kembali kuasanya atas Hagar. Bandul pun berayun. Ditindasnya Hagar sampai ia melarikan diri. Terjadi ajang adu kekuasaan dalam keluarga itu. Namun, lihatlah—sebagai korban paling lemah—Hagar dibela oleh Dia yang Mahamelihat. Yang Mahakuasa.

Episode adu kekuatan sering terjadi dalam keluarga. Suami ingin menang sendiri. Istri menekan suami. Orangtua otoriter sok main kuasa. Anak sok jago berontak melawan bapanya. Adusiasat. Perang dingin. Tak jarang terjadi perang terbuka. Kekerasan dipraktikkan. Dendam dipupuk. Saling ingin mengalahkan. Korban berjatuhan. Lihatlah Tuhan! Sang Empunya segala kuasa menggunakan kuasanya untuk melindungi dan menolong yang lemah. Bukankah demikian seharusnya cara kita menggunakan kuasa terhadap siapa pun?

—PAD/www.renunganharian.net


JIKA KUASA DI TANGAN DIPAKAI UNTUK MELINDUNGI DAN MELAYANI,
TIDAK ADA PIHAK YANG DIKALAHKAN DAN JADI KORBAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.