KEHIDUPAN YANG TERSEMBUNYI

1 2 3 4 5 Rating 4.42 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kolose 3:1-4

Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. (Kolose 3:3)


Bacaan Alkitab Setahun: 
1 Raja-Raja 9-11



Dalam salah satu bagian Les Misérables, Victor Hugo memaparkan kehidupan yang tidak terlihat. “Banyak tindakan hebat telah dilakukan di dalam perjuangan-perjuangan kecil kehidupan. Ada keberanian yang kukuh meskipun tak terlihat, untuk mempertahankan diri dalam kegelapan melawan serbuan kemiskinan dan kebejatan moral. Inilah kemuliaan dan kemenangan batin yang tidak terlihat oleh siapa pun, tidak berbalas kemasyhuran, tidak ada lambaian tangan penghormatan atas kemenangan. Kehidupan, kemalangan, keterasingan, penolakan, kemiskinan, adalah medan perang yang memiliki pahlawan-pahlawan tersendiri.” 

Firman Allah mengundang orang percaya untuk hidup secara tidak terlihat atau tersembunyi (ay. 3). Tentu saja, maksudnya bukanlah agar kita menutup diri dari pergaulan dengan sesama. Namun, kita menjalani hidup dengan cara pandang yang berbeda. Nilai-nilai kita bukan dibentuk menurut ukuran duniawi “yang di bumi,” melainkan menurut ukuran “yang di atas,” yaitu menurut ukuran Kristus (ay. 1-2). Dalam menentukan suatu pilihan, kita belajar mengenakan pikiran Kristus, menjadikan Kristus sebagai pusat hidup kita (ay. 4). Kita mempertimbangkan apakah hal itu mendukakan atau menyenangkan hati Allah. Meskipun dunia tidak bertepuk tangan atas pilihan itu, kita puas karena menaati Allah. Allah menjadi penonton dan penilai utama kehidupan kita. 

Dalam waktu teduh ini, kita dapat memohon pimpinan-Nya, “Tuhan, apa yang Kaukehendaki untuk kulakukan saat ini dan di sini?”

—ARS/www.renunganharian.net


KEHIDUPAN YANG TERSEMBUNYI BUKAN DIATUR OLEH PENGARUH DARI LUAR,
MELAINKAN DIGERAKKAN OLEH KEHADIRAN KRISTUS DI DALAM HATI KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.