MENUNTUT TINDAKAN

1 2 3 4 5 Rating 4.39 (31 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Matius 20:29-34

Lalu tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, lalu Ia menyentuh mata mereka dan seketika itu juga mereka melihat lalu mengikuti Dia. (Matius 20:34)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Daniel 4-6



Kalau kita berkata kita peduli namun tidak menindaklanjuti perasaan itu, artinya sama dengan tidak peduli. Ketika atap rumah salah satu saudara yang kurang mampu roboh, kami sepakat menghimpun dana. Ada yang menyumbang uang, bahan bangunan dan tenaga. Tetapi ada juga yang berkata “saya peduli” tanpa berbuat apa pun. Padahal sebetulnya hidupnya banyak diberkati secara materi. 

Saat Yesus dan murid-murid-Nya meninggalkan Yerikho, dua orang buta mendengar Yesus lewat. Mereka segera berseru memohon belas kasihan Yesus (ay. 30). Apa respons orang banyak? Mereka bukannya peduli, menuntun kedua orang buta ini menemui Yesus, atau memohon Yesus menemui keduanya, orang banyak justru menegur agar mereka diam (ay. 31). Yesus mendengar seruan mereka, lalu berhenti dan memanggil mereka. Hati Yesus tergerak oleh belas kasihan, maka Dia menjamah mata mereka dan seketika itu juga mereka melihat dan mengikuti Dia. Yesus merasakan belas kasihan, maka Yesus bertindak. Yesus mengubah hidup seseorang dengan kasih-Nya. Belas kasihan menuntut tindakan, bukan hanya sebatas ucapan. Saat kita memiliki hubungan yang dekat dengan Yesus, kita mudah berbelas kasihan dan melakukan tindakan. 

Apakah saya menindaklanjuti perasaan kasihan saya, atau tidak mau melakukan tindakan kasih dengan berbagai dalih? Saat kita mengasihi, kita peduli, kita rela memberikan apa yang seseorang butuhkan, kita melakukan sesuatu dan melibatkan diri sehingga membuat perbedaan dalam hidup seseorang.

—RTG/www.renunganharian.net


BELAS KASIHAN MENUNTUT TINDAKAN, BUKAN HANYA SEBATAS UCAPAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.