MENAHAN GODAAN BERDOSA

1 2 3 4 5 Rating 4.90 (21 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: Kejadian 4

“Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.” (Kejadian 4:7)


Bacaan Alkitab Setahun: 
Wahyu 19-20



Banyak pesohor tertangkap bersama dengan barang bukti pelanggarannya. Ada yang digerebek ketika menikmati narkoba. Yang lain ditangkap ketika melakukan prostitusi. Pejabat banyak tertangkap tangan bersama uang kejahatan mereka. Yang mengherankan, pemberitaan luas tertangkapnya orang-orang terkenal tidak membuat orang jera. Banyak yang merasa diri mereka tidak terawasi dan dapat lolos dari jerat aparat hukum. 

Kain memiliki pikiran serupa. Ia menganggap seakan-akan TUHAN tidak mengetahui kejahatan yang dirancangnya. Ketika rasa iri menyesakkan hatinya, Kain terdorong menghilangkan nyawa adiknya, Habel. TUHAN segera memperingatkan Kain dengan cara lembut dan positif. Kain diberitahu mengenai bagaimana ia dapat memperoleh sukacita, yaitu dengan berbuat baik. Namun TUHAN juga mengingatkan Kain, bahwa ia menghadapi godaan besar untuk berdosa. Toh akhirnya Kain lebih menuruti dorongan nafsunya. Jawaban Kain kepada TUHAN mengenai keberadaan Habel memperlihatkan bahwa Kain beranggapan seolah TUHAN tidak melihat perbuatan jahatnya. 

Ketika muncul dorongan berdosa, hampir selalu kita telah mendapat peringatan Tuhan. Di lain pihak, Tuhan acap kali tidak berusaha menghentikan rencana dan tindakan kita. Kita pun bersikap seolah Tuhan tidak mengetahui jalan pikiran kita dan mencari banyak alasan untuk mendebat-Nya. Padahal kita dapat terhindar dari kejatuhan bila kita peduli akan peringatan-Nya. Godaan berdosa juga berkurang bila pikiran kita dipenuhi oleh rancangan untuk berbuat baik.

—HEM/www.renunganharian.net


MENGHADIRKAN TUHAN, PEDULI AKAN PERINGATAN-NYA,
DAN SELALU MEMIKIRKAN UNTUK BERBUAT BAIK
NISCAYA MENAHAN KITA TERJATUH DALAM DOSA


Anda diberkati melalui Renungan Harian?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. Renungan Harian BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.