ALASAN ATAU PILIHAN?

1 2 3 4 5 Rating 4.47 (30 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: FILIPI 1:12-26

... Dalam hal itu aku bersukacita. Dan aku akan tetap bersukacita. (Filipi 1:18)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 7-8



Paulus menasihatkan untuk senantiasa bersukacita (1Tes. 5:16). Mungkinkah hal itu dilakukan sebab hidup sarat akan cobaan? Saat situasi tidak baik-baik saja? Tentu, bila kita menjadikan sukacita itu pilihan, bukan alasan! Kita bersukacita bukan “karena ada apa”, tetapi “ada apa saja” kita mau tetap bersukacita.

Dalam mengiring Yesus, Paulus mengalami banyak kesukaran. Salah satunya ia dipenjarakan dan mendengar ada orang memberitakan Kristus dengan maksud busuk. Melihat situasi di depan mata, tampak tidak ada alasan untuk bersukacita. Menarik Paulus mengatakan, “... aku bersukacita. Dan aku akan tetap bersukacita.” Rupanya tidak sekadar menuturkan nasihat, Paulus memberi teladan untuk menerapkan nasihat. Ia menjadikan sukacita bukan sebagai alasan, namun pilihan. Dari sebuah pilihan, muncul alasan. Tidak heran Paulus masih dapat menuturkan alasan bersukacita. Pertama, oleh pemenjaraannya, terjadi kemajuan Injil (ay. 12). Anak-anak Tuhan bertambah berani memberitakan firman (ay. 14). Kedua, oleh upaya pemberitaan Kristus, bahkan mereka yang bermotivasi busuk, Injil makin luas tersebar dan makin banyak orang mengenal Kristus (ay. 18a).

Alasan atau pilihan, bagaimana kita mendasarkan sukacita selama ini? Sekiranya yang pertama, mari segera mengubah haluan. Jadikan sukacita sebagai pilihan, bukan alasan. Tetaplah bersukacita, walaupun mungkin persoalan sedang menerpa. Dari sebuah pilihan, muncul alasan. Tuhan akan mencelikkan mata kita sehingga kita masih dapat menemukan alasan bersukacita. Salah satunya kita tahu Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Dia turut bekerja dalam segala sesuatu, termasuk persoalan yang kita hadapi, untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Rm. 8:28).

—LIN/www.renunganharian.net


KETIKA KITA MENJADIKAN SUKACITA SEBAGAI PILIHAN, SEBUAH HASIL AKAN
KITA DAPATKAN, YAKNI SEPANJANG HARI KITA SENANTIASA BERSUKACITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.