MENGAPA TIDAK BERUBAH

1 2 3 4 5 Rating 4.40 (42 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YESAYA 58:1-12

“Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?” (Yesaya 58:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kisah Para Rasul 17-19



Setelah tiga bulan membeli sebuah treadmill, seorang pemuda mengembalikannya ke toko. Marah-marah ia berkata, “Tidak ada yang berubah! Berat badan saya tidak juga turun!” “Maaf,” si pegawai menyela, “Bagaimana dengan pola makan Anda?” “Tetap banyak seperti biasanya,” jawab pemuda itu malu-malu.

Kita kerap mempertanyakan keheranan serupa. Dalam mengiring Yesus, kita menambahkan doa, puasa dan pelayanan, namun tidak mengalami perubahan apa-apa. Jangankan melihat terobosan, kesembuhan, pemulihan atau berbagai mukjizat lainnya, keintiman dalam hadirat Tuhan pun tidak kita rasakan. Dalam hati kita bertanya-tanya, “Mengapa semua yang aku lakukan tidak Kau indahkan, ya Tuhan?” Faktanya, bukan Tuhan tidak mengindahkan tetapi kitalah yang belum mau meninggalkan dosa!

Bangsa Israel pernah memprotes keadilan Tuhan. Mereka berkata, “Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?” Kepada mereka Tuhan menyingkapkan kebenarannya. Bukan Dia tidak memperhatikan atau mengindahkan perbuatan mereka, namun ketika melakukannya, mereka tidak juga meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak berkenan di hadapan-Nya. Hati jauh dari belas kasihan, lalu tangan yang seharusnya terulur memberikan bantuan digunakan untuk menekan sesama.

Kita tidak dapat mengasihi Tuhan tanpa meninggalkan dosa. Kita juga tidak dapat mengasihi Tuhan tanpa memedulikan sesama. Apabila kita rindu mengalami perubahan di kehidupan ini, maka selaraskan saja iman dengan perbuatan!

—LIN/www.renunganharian.net


KETIKA HAL BAIK YANG KITA TAMBAHKAN DALAM KEHIDUPAN INI TIDAK MEMBERI
DAMPAK, ARTINYA MASIH ADA HAL BURUK YANG PERLU KITA TINGGALKAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.