PENOLONG ALTERNATIF

1 2 3 4 5 Rating 4.49 (39 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 SAMUEL 28

Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya: “Carilah bagiku seorang perempuan yang sanggup memanggil arwah; maka aku hendak pergi kepadanya dan meminta petunjuk kepadanya.” (1 Samuel 28:7a)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 25–27



Takut dan gemetar menghadapi orang Filistin, Saul memohon petunjuk Tuhan. Namun upaya Saul tidak membuahkan hasil. Tuhan tidak menjawab baik melalui perantaraan mimpi, penggunaan Urim, atau para nabi. Merasa terdesak, Saul segera berusaha mencari pertolongan lain. Ia mencari seorang perempuan pemanggil arwah. Kepadanya Saul meminta dipanggilkan Samuel, supaya ia dapat bertanya kepadanya.

Situasi sulit yang dihadapi tidak membuat Saul merenungkan hubungannya dengan Tuhan selama ini. Penolakan Tuhan tidak juga mengingatkan Saul atas tindakannya yang gemar mengabaikan teguran Tuhan melalui Samuel semasa hidupnya. Alih-alih menyadari keberdosaannya dan melakukan pertobatan demi memperbaiki hubungannya dengan Tuhan, Saul malah menambah panjang daftar dosanya dengan mencari penolong alternatif di luar Tuhan. Saul bermaksud memanggil roh Samuel melalui peramal, tindakan ini berarti sama saja menduakan Tuhan dan memercayai roh di luar Tuhan.

Selain rasa kecewa karena merasa Tuhan tak kunjung menolong, situasi sulit dapat menimbulkan penyesalan. Termasuk, menyesal karena terlambat menghargai orang-orang yang berusaha menolong. Untuk mengantisipasi, alangkah baiknya berusaha mempergunakan waktu yang ada untuk mencari Tuhan selama Ia berkenan untuk ditemui. Juga merendahkan hati untuk bersedia menerima setiap nasihat baik. Supaya kita jangan ditimpa kemalangan seperti Saul, yang harus menerima kegelapan di masa kini, bahkan kematian di masa datang.

—EBL/www.renunganharian.net


TIDAK SETIA KEPADA ALLAH HANYA AKAN MENJERUMUSKAN KITA
DARI DOSA YANG SATU KEPADA DOSA YANG LAIN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.