AKIBAT TETAP BERKERUMUN

1 2 3 4 5 Rating 4.27 (45 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: NEHEMIA 9

“Tetapi begitu mereka mendapat keamanan, kembali mereka berbuat jahat di hadapan-Mu. Dan Engkau menyerahkan mereka ke tangan musuh-musuh mereka yang menguasai mereka. Kembali mereka berteriak kepada-Mu, dan Engkau mendengar dari langit, lalu menolong mereka berulang kali, karena kasih sayang-Mu.” (Nehemia 9:28)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 34–36



Seorang warga marah saat ditegur ketua RT karena berkerumun dan tak pakai masker. Ketua RT menegurnya untuk kebaikannya dan orang-orang yang berkerumun bersamanya, karena saat itu pandemi Covid-19 sedang tinggi. Dia tak terima dan malah mengusirnya dengan perkataan yang kasar. Beberapa hari kemudian warga ini positif Covid-19, lalu minta tolong ketua RT mengantarnya ke rumah sakit. Bapak ketua RT tetap menolongnya, mengantar ke rumah sakit dan mengurus segala urusan di rumah sakit.

Kita mungkin dibenci atau ditolak seseorang yang kita peringatkan agar tidak celaka. Ketika akhirnya seseorang itu celaka, dia minta tolong kita. Meski tidak enak dan mungkin saja kita masih sakit hati, mari kita memiliki hati seperti Tuhan. Nehemia 9 mencatat dengan detail pengakuan dosa dan permintaan maaf orang Israel. Mereka mengakui sudah bertindak angkuh dan bersitegang leher, dan tidak patuh kepada perintah-perintah Tuhan (ay. 16). Respons Tuhan, sudi mengampuni, panjang sabar, berlimpah kasih setia, dan tidak pernah meninggalkan (ay. 17). Hal itu Tuhan lakukan berulang kali, meski bangsa Israel tidak menghiraukan (ay. 30).

Jika kita baru sekali, dua kali, atau tiga kali direpotkan orang yang kesusahan karena menolak peringatan kita, Tuhan sudah tak terhitung banyaknya tetap menolong dan mengasihi kita semua. Sabarlah menghadapi orang yang degil. Tetaplah mau menolong orang-orang yang mengalami kesusahan. Berdoalah agar mereka sadar, dan memiliki kerendahan hati. Sehingga kelak ketika ditegur lagi, mereka bisa menerima dengan hati terbuka.

—RTG/www.renunganharian.net


TETAPLAH MAU MENOLONG ORANG YANG TERTIMPA MUSIBAH
KARENA MENOLAK PERINGATAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.