MENCARI CELAH

1 2 3 4 5 Rating 4.32 (50 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: NAHUM 1

TUHAN itu panjang sabar dan besar kuasa, tetapi Ia tidak sekali-kali membebaskan dari hukuman orang yang bersalah. Ia berjalan dalam puting beliung dan badai, dan awan adalah debu kaki-Nya. (Nahum 1:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Kejadian 37–39



Sebagian siswa beranggapan bahwa mereka yang terkenal akan lebih diperhatikan guru sehingga berpotensi sering ditunjuk. Inilah alasan mereka memilih menjadi anak yang kurang aktif. Mereka mencari aman, terutama dari guru yang dianggap “killer”. Malangnya, trik ini tidak selalu membuahkan hasil. Sebab mereka justru akan dikenal karena kepasifannya.

Ketika Allah mengutus Yunus, orang Niniwe bertobat dan diselamatkan. Namun tak lama kemudian mereka malah menjadi lebih buruk dari sebelumnya. Tak heran Nahum mengumandangkan kemurkaan Allah terhadap mereka. Bukan berarti bahwa Allah bosan mengampuni atau habis kesabaran menghadapi keberdosaan umat-Nya. Allah selalu siap mengampuni. Namun demikian Allah membuat batasan waktu dalam memberi kesempatan bagi umat untuk bertobat. Hal ini dilakukan-Nya supaya umat tidak seenaknya, mencari celah dalam kemurahan Allah. Merasa bebas berlaku dosa dan menganggap Allah akan selalu mengampuni serta tetap memberkati. Allah menuntut umat memiliki rasa tanggung jawab kepada-Nya atas hidup mereka.

Bagi dunia, mungkin keberadaan kita tidak dikenal dan kurang dihargai. Namun Tuhan mengenal kita secara pribadi. Sebagaimana tidak seorang pun luput dari perhatian-Nya, tidak seorang pun dapat bersembunyi dari-Nya. Ketika berlaku seenak hati, tidak mungkin kita melarikan diri dari konsekuensi di hadapan-Nya. Kita tidak mungkin lepas dari murka-Nya. Karena itu biarlah peringatan-Nya membuat hati kita gemetar dan rindu untuk hidup kudus dalam kemurahan kasih-Nya.

—EBL/www.renunganharian.net


ALLAH MENYELAMATKAN KARENA KASIH KARUNIA-NYA DAN MEMBALAS
KEJAHATAN DENGAN HUKUMAN YANG SETIMPAL KARENA KEADILAN-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.