KRISTUS ITU SABAR

1 2 3 4 5 Rating 4.13 (38 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 TIMOTIUS 1:12–17

Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian, aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal. (1 Timotius 1:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Imamat 9–10



Kita hidup di tengah zaman yang serba instan. Kondisi ini tanpa disadari justru membuat orang semakin mudah kehilangan kesabaran, karena ada banyak hal yang dahulu sukar diperoleh, atau setidaknya membutuhkan upaya untuk memperolehnya, kini bisa diperoleh dengan cepat. Namun, kondisi serupa jika direnungkan justru dapat dimanfaatkan untuk melatih kesabaran dalam banyak perkara, termasuk kesabaran dalam menantikan perubahan hidup orang lain.

Paulus dalam suratnya kepada Timotius, mengakui bahwa kesabaran Kristus yang menjadi kunci dalam pertobatan yang dialaminya. Paulus yang masa lalunya adalah seorang yang ganas, penghujat dan penganiaya (ay. 13), namun bertobat menjadi rasul yang hebat oleh karena kesabaran Kristus. Pengalaman hidup yang dapat menjadi harapan bagi setiap orang yang merasa hidupnya sungguh buruk, bahwa kesabaran Kristus pun dapat berbuah manis berupa perubahan hidup yang drastis. Begitu pula ada harapan bagi orang yang kita rindukan untuk bertobat dan percaya kepada Kristus.

Dalam sejarah kehidupan manusia, Allah sering menunjukkan kesabaran supaya manusia dapat menyadari kesalahannya, lalu bertobat dan mengalami perubahan hidup. Kehidupan yang kita alami saat ini mungkin juga hasil dari kesabaran Kristus, jika kita mau mengingat masa lalu kita yang kelam. Suatu pengalaman berharga yang dapat kita teruskan dengan menunjukkan kesabaran dalam diri kita, termasuk dalam menantikan perubahan hidup dari orang yang kita kasihi.

—GHJ/www.renunganharian.net


KRISTUS SUDAH MENELADANKAN KESABARAN,
KINI KITA TINGGAL MENGIKUTI JEJAK-NYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.