INGAT PERBUATAN TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.15 (54 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: MAZMUR 77:1–16

Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu. (Mazmur 77:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ulangan 28



Selama bertahun-tahun seorang pria mencatat setiap doa dan setiap berkat tak terduga yang dialami keluarganya dalam sebuah buku kecil. Tetapi buku kecil itu hilang entah di mana. Setahun kemudian keluarganya ditimpa sebuah masalah pelik. Saat ia merebahkan tubuhnya di sofa, secara tak sengaja tangannya menyentuh sesuatu yang terselip di balik sofanya. Itu adalah buku kecil yang sudah bertahun-tahun hilang. Ia mulai membaca kembali setiap halaman di buku dengan mata berlinang. Pria itu berkata, “Catatan di buku itu mengingatkanku kembali akan kesetiaan Allah, aku yang sudah lemah dikuatkan-Nya kembali.”

Asaf, menceritakan kondisi imannya yang mulai ragu-ragu akan kesetiaan Allah. Keraguan dan kelemahan iman yang dialaminya itu bahkan membuat mulutnya mengucapkan sebuah perkataan, "Sudah lupakah Allah menaruh belas kasihan?" (ay. 10). Tetapi di tengah-tengah keraguannya itu ia tersadar bahwa semua keluhan dan keraguannya itu sama sekali tidaklah berdasar. Asaf pun kembali mengingat perbuatan Tuhan dan berkata, "Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala" (ay. 12).

Ada sebuah masa di mana hidup itu terasa begitu berat. Alih-alih mengingat kebaikan Allah, kita justru mempertanyakan kesetiaan Allah dalam hidup kita. "Sudah lupakah Allah kepadaku?" Belajar dari Asaf, mari mengingat kembali "catatan kebaikan dan berkat" yang telah Allah lakukan dalam hidup kita. Mungkinkah kita menghitung semua kebaikan-Nya itu? Itulah bukti kesetiaan-Nya dan akan terus Ia lakukan kepada kita meski kita kerap meragukan-Nya.

—SYS/www.renunganharian.net


MENGINGAT SEMUA KEBAIKAN ALLAH MEMBERI KITA KEKUATAN
DI TENGAH PERSOALAN YANG KITA HADAPI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.