PELIHARALAH KASIH PERSAUDARAAN

1 2 3 4 5 Rating 4.28 (54 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: IBRANI 13:1–3

Peliharalah kasih persaudaraan! (Ibrani 13:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
2 Samuel 6–9



Disadari atau tidak, hidup selalu memberikan tekanan. Bila kita menyikapi tekanan hidup ini secara negatif, maka bisa saja kita justru selalu memiliki prasangka buruk, memunculkan konflik, memandang rendah diri sendiri, atau bahkan lari dari setiap masalah yang ada. Tetapi dengan demikian, hidup kita justru tidak akan dapat terbangun dengan baik, karena kita tidak berani menghadapi tekanan hidup secara positif.

Surat ini ditulis kepada orang Ibrani yang notabene pada saat itu dalam kondisi tertekan karena kolonialisme Romawi. Dalam keadaan itu, sang penulis dengan tegas mengajak mereka untuk menghadapi tekanan tersebut secara positif, dengan memelihara kasih persaudaraan. Perintah untuk memelihara, berarti adalah suatu perintah untuk menanam dan merawat. Artinya, mereka diajak untuk dapat menanam dan merawat perasaan kasih persaudaraan, yakni perasaan kasih yang saling memiliki layaknya seorang saudara, di antara mereka. Melalui kasih ini, hubungan persaudaraan bermakna lebih dari ikatan darah keluarga, karena kasih itu dapat mengikat semua orang. Dengan demikian, maka mereka dapat bertumbuh menjadi kuat bersama-sama, serta dapat membangun harapan bersama-sama.

Melalui kasih, kita dapat mengatasi setiap tekanan hidup yang dirasakan. Tetapi supaya kasih itu tidak sia-sia, maka haruslah kita tanam dan rawat demi kehidupan bersama. Karena hanya dengan demikian, maka kasih dapat memberikan kekuatan serta pengharapan.

—ZDP/www.renunganharian.net


KEKUATAN DAN PENGHARAPAN DAPAT KITA PEROLEH DALAM KASIH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.