TAKUT AKAN TUHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.33 (40 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: ULANGAN 6

"Engkau harus takut akan TUHAN, Allahmu; kepada Dia haruslah engkau beribadah dan demi nama-Nya haruslah engkau bersumpah." (Ulangan 6:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Raja-raja 1–2:25



Terlihat begitu santai saat bertemu dengan seseorang yang pernah membuatnya kehilangan pekerjaan, seorang rekan kerja penasaran dengan sikapnya. Ketika ditanya, ia berkata, “Kecewa tentu sempat. Keinginan untuk marah dan mendendam juga pernah terlintas. Tetapi ada satu alasan yang membuatku melepaskan pengampunan dan tetap mengasihi. Aku takut sama Tuhan.”

Bagi sebagian orang, mengampuni bahkan tetap mengasihi mereka yang pernah berlaku kurang menyenangkan dianggap sebagai tindakan bodoh. Ya, dikecewakan, dikhianati dan mendapatkan segala macam bentuk perlakuan buruk sering kali dianggap lebih tepat jika ditanggapi dengan memberikan hukuman sebagai balasan. Bahkan, membalas dengan tindakan yang jauh lebih jahat pun dianggap wajar. Alih-alih berusaha menciptakan perdamaian, mereka memilih untuk saling membalas dengan alasan menjaga gengsi.

Tidak demikian semestinya dengan orang percaya. Bukankah ibadah kita sebagai pernyataan iman kepada Tuhan harus diwujudkan dengan memiliki rasa takut akan Dia? Takut menyakiti, takut mengkhianati dan takut mengecewakan Tuhan, karena rasa hormat yang amat sangat. Dengan demikian sikap hidup orang percaya semestinya tidak terpengaruh oleh stimulus dari luar. Rasa takut akan Tuhan menjadi alasan yang lebih dari cukup untuk mendorong orang percaya menyikapi segala situasi dengan bijak, sesuai dengan tuntunan Roh Kudus. Bukan untuk mengambil hati, bukan mencari keuntungan bagi diri sendiri. Melainkan murni karena panggilan hati untuk hidup dalam kesalehan sejati.

—EBL/www.renunganharian.net


TAKUT AKAN TUHAN ADALAH ALASAN YANG PALING TEPAT BAGI KITA UNTUK TETAP
MENGASIHI SESAMA KETIKA KITA HAMPIR KEHABISAN ALASAN UNTUK MENGASIHI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.