KASIH YANG BESAR

1 2 3 4 5 Rating 4.21 (52 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: HOSEA 11

Masakan Aku membiarkan engkau, hai Efraim, … Hati-Ku berbalik dalam diri-Ku, belas kasihan-Ku bangkit serentak. (Hosea 11:8)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Raja-raja 9–11



Setiap orang tua pasti pernah dikecewakan oleh anak-anaknya, ada yang jarang tetapi ada juga yang sering. Anak-anak terkadang memberontak dan tidak mau mendengar terhadap perintah atau aturan orang tuanya. Karena kekecewaan yang mendalam mungkin saja ada orang tua yang kemudian membiarkan atau bahkan mengusir anak-anaknya. Kasih manusia ternyata begitu terbatas dan mudah menjadi tawar bila dikecewakan terus-menerus.

Tuhan telah memilih bangsa Israel menjadi umat-Nya. Tuhan telah membebaskan mereka dari perbudakan di Mesir. Dalam perjalanannya, mereka berulang kali mengecewakan Tuhan dengan pemberontakan mereka terhadap perintah-Nya. Bahkan ketika mereka sudah menduduki tanah perjanjian pun, mereka begitu sering melupakan Tuhan dan kasih-Nya yang besar dan berbalik kepada bangsa lain dan para Baal. Tuhan pun menghukum mereka melalui bangsa Asyur, tetapi sekali lagi, itu pun juga karena kasih-Nya supaya mereka sadar dan bertobat. Dia adalah Allah dan bukan manusia sehingga kasih-Nya jauh melampaui segala kedegilan dan pemberontakan umat-Nya. Pengampunan dan pemulihan Dia berikan karena belas kasih dan kesetiaan-Nya sehingga murka-Nya tidak untuk selama-lamanya.

Dalam berelasi, karena kesalahan kita, mungkin akhirnya kita pernah ditinggalkan seorang rekan karena ia sakit hati dan mencari relasi yang baru. Pasti menyakitkan karena permintaan maaf kita tidak memulihkan relasi kita dengannya. Tetapi, mari bersyukur karena Tuhan kita kasih-Nya besar, kita tidak dibiarkan dan ditinggalkan karena kesalahan kita, tetapi dibawa-Nya kita pada pertobatan yang memulihkan relasi kita dengan-Nya.

—ANT/www.renunganharian.net


SUNGGUH, BELAS KASIH TUHAN JAUH LEBIH BESAR
DARI SEGALA PELANGGARAN KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.