BUAH PERTOBATAN

1 2 3 4 5 Rating 4.11 (64 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KIS. PR. RASUL 2:37–47

Orang-orang yang menerima perkataannya itu dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. (Kis. Pr. Rasul 2:41)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 52–59



Terciduk Ombudsman karena sebuah pelanggaran, sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri melakukan perubahan. Salah satunya, pengadaan seragam yang semula dikelola pihak sekolah, kini dikelola paguyuban orang tua. Hasilnya, kejujuran, keterbukaan dan keterlibatan orang tua membawa kemajuan bagi sekolah. Mutu yang meningkat, meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Sebagai murid Yesus, Petrus tidak sempurna. Petrus pernah menguji Yesus dengan meminta dimampukan berjalan di atas air. Petrus berani membantah saat Yesus memberitahukan penderitaan yang akan ditanggung-Nya, sehingga malah menjadi batu sandungan. Petrus tidur saat Yesus memintanya berjaga-jaga, pada waktu Ia berdoa di taman Getsemani. Petrus bahkan pernah menyangkal Yesus sebanyak tiga kali, menjelang penyaliban-Nya.

Meski demikian, setelah kebangkitan dan kenaikan Yesus ke surga, Petrus justru makin setia melayani Tuhan. Ia pun mendapat kemampuan untuk berbicara dengan sangat baik. Petrus mengajarkan Injil dengan jelas, penuh kuasa dan sepenuh hati. Dengan pertolongan Roh Kudus, khotbah Petrus mampu membuahkan hasil tiga ribu jiwa. Ya, tiga ribu orang minta dibaptis pada hari itu. Sungguh, pencapaian yang luar biasa!

Seperti Petrus, jatuh bangun dalam mengikut Tuhan mungkin kita alami. Namun kegagalan dan kesalahan di masa lalu bukan alasan untuk menyerah. Kita masih dapat mengupayakan buah bagi kemuliaan Tuhan dengan menjadikan masa lalu sebagai pembelajaran. Asal kita mau bertobat dan menerima didikan dengan kerendahan hati, tentunya.

—EBL/www.renunganharian.net


KESALAHAN ADALAH PEMBELAJARAN UNTUK DIPERBAIKI,
BUKAN UNTUK DIULANGI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.