HANYA

1 2 3 4 5 Rating 3.54 (177 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: BILANGAN 13

“Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana.” (Bilangan 13:28)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 67–71



“Hanya” ialah kata yang kerap digunakan untuk mengekspresikan rasa menyayangkan. Contoh kita berkata, “Buah apel di kulkas hanya satu,” artinya kita menyayangkan sebutir saja sisa buah apel di kulkas. Atau kita berkata, “Peserta di seminar hanya sepuluh,” kita menyayangkan sedikit saja jumlah peserta yang hadir di seminar itu.

Sesudah 40 hari, pulanglah ke-12 orang yang diutus Musa mengintai tanah Kanaan. Sembari memperlihatkan hasil negeri itu, mereka berkata, “Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya” (ay. 27). Selanjutnya muncul kata “hanya”. “Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana. Orang Amalek diam di Tanah Negeb, orang Het, orang Yebus dan orang Amori diam di pegunungan, orang Kanaan diam sepanjang laut dan sepanjang tepi sungai Yordan” (ay. 28–29). Kenyataan bagian akhir inilah yang disayangkan oleh kesepuluh pengintai. Karena itu mereka tidak mau maju menyerang negeri itu. Yosua dan Kaleb, dua pengintai sisanya mempunyai pendapat berbeda. Keduanya mengingatkan mereka punya Tuhan yang mampu mengubah “kenyataan disayangkan” menjadi “kenyataan menyenangkan”. Walaupun penduduk di sana kuat-kuat, Tuhan dapat memberikan negeri itu kepada mereka (Bil. 14:6–8).

Saat ini kita mungkin menghadapi kenyataan “disayangkan”. “Hanya, aku tidak punya uang.” “Hanya, aku tidak berpendidikan.” “Hanya, aku mengidap penyakit.” Atau hanya lainnya. Tak perlu berkecil hati sebab kita punya Tuhan. Walaupun ada keterbatasan di dalam diri kita, bersama Tuhan, kita dapat lakukan perkara-perkara besar.

—LIN/www.renunganharian.net


PEKERJAAN TUHAN DI DALAM DIRI KITA TIDAK DAPAT DIBATASI
OLEH KENYATAAN DISAYANGKAN YANG KITA HADAPI SAAT INI


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.