GOMER BINTI DIBLAIM

1 2 3 4 5 Rating 4.17 (42 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: HOSEA 1:2–9

Lalu aku membeli dia bagiku dengan bayaran lima belas syikal perak dan satu setengah homer jelai. (Hosea 3:2)


Bacaan Alkitab Setahun:
Mazmur 119



Tuhan meminta Hosea mengawini seorang perempuan sundal. Maka Hosea pergi ke rumah pelacuran untuk membeli dari situ Gomer binti Diblaim. Hosea kawin dengan perempuan itu, lalu lahirlah anak-anak laki-laki dan perempuan. Sesudah itu Gomer binti Diblaim kembali ke kehidupan lamanya. Lagi-lagi ia bersundal dan berzina. Tuhan meminta Hosea mencintai kembali perempuan itu. Sekali lagi Hosea pergi ke rumah pelacuran untuk membeli perempuan itu. Kali ini harga pembeliannya disebutkan, yakni lima belas syikal perak dan satu setengah homer jelai (Hos. 3:2).

Gomer binti Diblaim adalah gambaran dari kita, orang-orang berdosa. Tidak pantas kita dicintai karena telah mendurhaka. Betapa mengharukan mengetahui Yesus menginginkan kita. Jika Hosea mengosongkan dompetnya untuk membeli Gomer binti Diblaim, Yesus "mengosongkan diri-Nya" untuk membeli kita (Flp. 2:7). Yesus, yang adalah Tuhan, turun ke dunia mengambil rupa seorang manusia. Dia korbankan diri-Nya mati di kayu salib sebagai bayaran atas dosa-dosa kita. Tak terkira besarnya harga pembelian yang Yesus berikan. Sebab bukan barang fana, emas ataupun perak Dia gunakan sebagai alat penukar kita, melainkan darah-Nya yang mahal (1Ptr. 1:18–19).

Saat membaca kisah Hosea, kita tentu sebal terhadap Gomer binti Diblaim. Sungguh tidak tahu diri perempuan itu kembali bersundal dan berzina, padahal sudah mendapatkan suami yang setia dan takut akan Allah. Tanpa kita sadari kita juga kerap bersikap tidak tahu diri. Kita menyia-nyiakan kasih karunia Allah dengan sengaja melakukan dosa. Mulai hari ini, janganlah lagi kita meniru sikap Gomer binti Diblaim. Mari kita mengupayakan diri senantiasa melakukan kehendak Tuhan.

—LIN/www.renunganharian.net


JIKA KITA SUNGGUH MENYADARI BETAPA BERUNTUNGNYA KITA MENERIMA
KASIH YESUS, MAKA KITA AKAN BERUPAYA MENJAUHKAN DIRI DARI DOSA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.