HIDUP MERDEKA

1 2 3 4 5 Rating 4.21 (66 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 PETRUS 2:11–17

Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai
hamba Allah. (1 Petrus 2:16)


Bacaan Alkitab Setahun:
Yeremia 11–14



Seorang teman mengaku ingin dapat menduduki jabatan tertinggi di tempat ia bekerja. Gaji besar dan memiliki kebebasan mengatur bawahan adalah alasan utamanya. “Jujur, aku bosan bekerja dalam tekanan dan berpenghasilan pas-pasan!” ujarnya.

Merdeka identik dengan memiliki kebebasan dan kekuasaan. Memiliki kewenangan untuk berlaku sesuka hati, termasuk mengatur orang lain semau diri sendiri. Tak heran jika pada akhirnya banyak orang berlomba mencari kuasa.

Orang kristiani beroleh anugerah kemerdekaan dari Tuhan. Namun, kemerdekaan ini adalah kemerdekaan dari dosa. Merdeka dari kekuasaan iblis, penghukuman hukum Taurat, murka Allah dan kengerian atas maut. Kemerdekaan kristiani bukan selubung untuk menutupi kejahatan. Sebaliknya, anugerah kemerdekaan diharapkan dapat membawa umat menuju cara hidup yang baik. Dengan perbuatan baik itulah umat kristiani bersaksi, sehingga dapat membungkam mereka yang gemar menebar fitnah tentang Allah.

Kemerdekaan yang merupakan hak istimewa dari Tuhan bukan jaminan untuk berlaku sewenang-wenang, bebas tanpa batasan. Sikap yang demikian justru dapat merenggut kemerdekaan kita atas dosa! Mungkin, kemerdekaan atas dosa memang tidak membebaskan kita dari penderitaan. Sebab, mempertahankan kekudusan dan kasih yang menjadi ciri kemerdekaan kristiani besar kemungkinannya berseberangan dengan kenikmatan dunia. Namun, mengingat penderitaan terbesar kita adalah maut akibat dosa, relakah kita menggadaikan kemerdekaan dari Tuhan demi kesenangan yang sementara?

—EBL/www.renunganharian.net


JANGAN SAMPAI KELIRU MEMAKNAI KEMERDEKAAN,
SUPAYA KITA JANGAN TERJATUH LAGI DALAM PENJAJAHAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.