MASALAH ITU BERGUNA

1 2 3 4 5 Rating 4.13 (45 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: YAKOBUS 1:2–8

Sebab kamu tahu bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. (Yakobus 1:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Amos 6–Obaja 1



Fletcher Spruce menulis artikel berjudul "Setiap Anjing Membutuhkan Beberapa Ekor Kutu". Sebagai seorang anak, ia senang memperhatikan anjing. Karena punya kutu, maka anjing menjadi aktif dan sibuk menggaruk. Adanya kutu seolah memaksa anjing untuk aktif, sedangkan yang tanpa kutu cenderung malas dan lamban. Kutu ternyata berguna bagi anjing. Anjing membutuhkan kutu untuk tetap bangun dan waspada.

Seperti kutu bagi anjing, demikian masalah bagi kita. Walau meresahkan, masalah itu berguna. Itulah mengapa Yakobus berkata kita perlu menganggap sebagai suatu kebahagiaan apabila jatuh ke dalam berbagai pencobaan (masalah) (ay. 2). Masalah berguna di antaranya karena tiga hal. Pertama, melalui masalah kita belajar menjadi tangguh. Sebab diuji, muncul ketekunan (ay. 3). Dari ketekunan, muncul pribadi yang matang (sempurna, utuh dan tak kekurangan suatu apa pun) (ay. 4). Kedua, masalah membantu kita kembali dekat dengan Tuhan. Kesenangan dunia dapat menjauhkan kita dari Tuhan. Jauh menjadi dekat saat masalah melanda. Sebab saat itu kita ingat untuk berdoa meminta tolong kepada Tuhan. Ketiga, masalah membantu kita tetap setia. Oleh hadirnya masalah, kita yang semula kerap mengabaikan firman Tuhan, menjadi sungguh-sungguh melakukannya. Seperti pemazmur tuturkan, “Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu” (Mzm. 119:71).

Mulai hari ini, jangan lagi kita menjadi tawar hati oleh kehadiran masalah dalam kehidupan kita. Sebab kita mengerti masalah itu berguna. Tiap muncul masalah, mari kita bersemangat menghadapinya bersama Tuhan. Kita yakin usai masalah, kita mendapati diri lebih tangguh, semakin dekat dan semakin setia kepada Tuhan.

—LIN/www.renunganharian.net


SEGALA YANG TUHAN IZINKAN TERJADI DALAM KEHIDUPAN KITA ITU BERGUNA,
TERMASUK JUGA KEHADIRAN MASALAH


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.