JIKA TUHAN MENYERTAI

1 2 3 4 5 Rating 4.52 (33 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: HAKIM-HAKIM 6:1–14

Jawab Gideon kepada-Nya: "Ah, tuanku, jika TUHAN menyertai kami, mengapa semuanya ini menimpa kami? …." (Hakim-hakim 6:13)


Bacaan Alkitab Setahun:
Markus 6–7



Ada banyak orang kecewa kepada Tuhan. Sebab, setelah mengikut Tuhan, masih saja mereka merasakan kesusahan. Masih ada persoalan harus dihadapi. Mereka heran bukankah mengikut Tuhan berarti kehidupan akan disertai oleh Tuhan? Dalam hati mereka bertanya, "Jika Tuhan menyertaiku, mengapa semua ini menimpaku?"

Gideon menuturkan pernyataan serupa. Gideon heran mengapa mereka, orang Israel, bangsa yang dikatakan "disertai oleh Tuhan" dibiarkan dijajah oleh bangsa Midian. Menarik jawab Tuhan kepada Gideon. "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian" (ay. 14). Tuhan mengutus Gideon pergi memerangi orang Midian sebab padanya ada kekuatan untuk mengalahkan mereka. Kata-kata "pergilah dengan kekuatanmu" mengungkap kebenaran yang kerap kita lupakan. Disertai Tuhan bukan berarti kita tidak lagi mengalami persoalan. Disertai Tuhan berarti kita telah diberi Tuhan kekuatan untuk menghadapi semua persoalan.

Penyertaan Tuhan bukan jaminan ketiadaan persoalan. Faktanya, selama kita hidup menumpang di dunia ini, kita masih mengalami aneka ragam persoalan. Penyertaan Tuhan ialah jaminan kemenangan. Aneka ragam persoalan menerpa kehidupan kita, tetapi kita selalu diberi kemampuan mengatasinya. Sebab pada kita ada kekuatan dari Tuhan. Bila hari ini kita mengalami persoalan, jangan tawar hati berkata, "Jika Tuhan menyertai, mengapa hal ini menimpaku?" Sebaliknya, mari penuh percaya diri kita pergi memerangi persoalan dengan kekuatan yang sudah Tuhan anugerahkan bagi kita.

—LIN/www.renunganharian.net


DISERTAI TUHAN BUKAN BERARTI PERSOALAN TIDAK LAGI AKAN DATANG,
NAMUN KITA SELALU DIBERI KEKUATAN MENGATASINYA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.