TIDAK PUTUS ASA

1 2 3 4 5 Rating 4.05 (60 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 3

“Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.” (Kejadian 3:15)


Bacaan Alkitab Setahun:
Ibrani 5–7



Tiga kali seorang pemuda membangun usaha, namun selalu gagal. Pagi ini dengan penuh semangat pemuda itu berkata kepada sahabatnya kalau hendak memulai usaha baru, bisnis makanan ringan. “Kupikir kau sudah putus asa,” kata sahabatnya. “Bagaimana bisa aku putus asa,” jawabnya, “jika Tuhan tidak pernah putus asa?”

Kehidupan di dunia kerap melemparkan kita kepada kesukaran. Rentetan kegagalan, bertubi-tubi persoalan, komplikasi penyakit semua seolah mendorong kita masuk dalam keputusasaan. Namun demikian dalam diri kita anak-anak Tuhan harus selalu ditemukan semangat juang. Sebab kita mengerti Tuhan tidak pernah putus asa. Perikop firman Tuhan hari ini memuat buktinya. Dapat dibayangkan betapa hancur hati Tuhan mengetahui manusia, mahakarya dari ciptaan-Nya, telah jatuh ke dalam dosa! Buah terlarang telah dipetik dan dimakan (ay. 6). Tampak tiada lagi harapan. Dosa telah berkuasa atas manusia, sehingga takdir mereka ialah binasa. Sampai saat ini pun Tuhan tidak terlihat putus asa. Tuhan masih mempunyai rencana, yakni penebusan manusia. Firman-Nya, “Keturunannya (keturunan perempuan itu) akan meremukkan keturunanmu” (ay. 15). "Keturunan" yang dimaksud ialah Yesus, Putra Allah yang nanti turun ke dunia sebagai manusia, mati di kayu salib. Pengorbanan Yesus menghapus dosa umat manusia. Pengorbanan Yesus meremukkan kuasa Iblis.

Mengapa mudah putus asa jika kita mengerti Tuhan tidak pernah putus asa? Mengapa terburu-buru menyerah kepada kesukaran hidup jika kita mengetahui di benak Tuhan selalu tersedia cara untuk menolong kita? Bangkitkan kembali semangat dalam hati bahwa kesukaran pasti terlewati! Yakini segala pergumulan yang kita hadapi hari ini pasti kita dapatkan jalan keluarnya dari Tuhan.

—LIN/www.renunganharian.net


TAK SEHARUSNYA PUTUS ASA MENJADI KEPUTUSAN KITA,
SEBAB PADA TUHAN SELALU ADA CARA UNTUK MENOLONG KITA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.