MENUJU PASAL 41

1 2 3 4 5 Rating 4.18 (61 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: KEJADIAN 41:1–45

Setelah lewat dua tahun lamanya, bermimpilah Firaun, bahwa ia berdiri di tepi sungai Nil. (Kejadian 41:1)


Bacaan Alkitab Setahun:
1 Yohanes 4–5



Kejadian 40 diakhiri dengan peristiwa tidak mengenakkan bagi Yusuf. Di situ dikatakan, "Tetapi Yusuf tidaklah diingat oleh kepala juru minuman itu, melainkan dilupakannya" (Kej. 40:23). Sementara Kejadian 41 berbeda. Pasal itu memuat peristiwa menguntungkan bagi Yusuf. Firaun, raja Mesir bermimpi tanpa seorang pun mampu memaknai. Yusuf dipanggil, lalu ia menuturkan makna mimpi. Setelah itu Firaun mengangkatnya sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir (ay. 41).

Pada halaman Alkitab kita, hanya sedikit saja jaraknya antara akhir Kejadian 40 dan awal Kejadian 41. Dibutuhkan tidak sampai satu menit untuk melanjutkan membaca dari Kejadian 40:23 menuju Kejadian 41:1. Tetapi bagi Yusuf, jarak itu tidak sedikit! Tidak sebentar ia menunggu, tidak dalam sekejap situasinya berubah, tidak seperti melompat ia beralih dari penjara menuju istana. Di situ dikatakan, "Setelah lewat dua tahun lamanya, bermimpilah Firaun, bahwa ia berdiri di tepi sungai Nil" (ay. 1). Bagi Yusuf, ia harus melewatkan waktu selama dua tahun untuk menuju pasal 41. Dan selama dua tahun itu ia terus bersabar dalam penderitaan. Selama dua tahun itu juga ia terus setia melakukan kehendak Tuhan.

Pengalaman Yusuf diberikan sebagai dorongan semangat bagi kita di tengah penderitaan. Mungkin sudah sekian lama pergumulan kita alami. Beratnya persoalan masih melanda kehidupan kita saat ini. Namun demikian jangan kita kecewa, sebaliknya, teruslah kita bersabar. Teruslah kita setia melakukan kehendak Tuhan. Yakini di dalam hati pasti akan tiba waktu menuju pasal 41. Pasti Tuhan memulihkan keadaan kita. Ingat bahwa pemulihan Tuhan bukan hanya di bumi. Pasti Tuhan berikan jawaban bagi persoalan kita.

—LIN/www.renunganharian.net


WALAU TIDAK SEKEJAP MATA, WAKTU PEMULIHAN
DARI TUHAN PASTI AKAN TIBA


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.