TIDAK BERLEBIHAN

1 2 3 4 5 Rating 4.15 (59 Votes)
AddThis Social Bookmark Button

Baca: 1 RAJA-RAJA 11:1-13

Ia mempunyai tujuh ratus istri dari kaum bangsawan dan tiga ratus selir. Istri-istrinya itu membelokkan hatinya. (1 Raja-raja 11:3)


Bacaan Alkitab Setahun:
Keluaran 4-6



Bekerja itu baik. Dari bekerja, kita memperoleh penghasilan untuk mencukupi kebutuhan. Namun, jika sepanjang hari bekerja, akibatnya tidak baik. Badan akan sakit. Makan sayur dan buah itu baik. Di dalamnya terkandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Namun, jika sekeranjang buah dimakan seketika, akibatnya tidak baik. Perut akan sakit. Melayani Tuhan itu baik. Hati Tuhan disenangkan melalui apa yang kita lakukan. Namun, jika sepanjang waktu melayani, akibatnya tidak baik. Keluarga terabaikan, juga kita tidak dapat menjalin hubungan secara pribadi dengan Tuhan. Kesimpulannya, sesuatu yang baik menjadi tidak baik saat berlebihan.

Tuhan memberi ketetapan mengenai seorang raja. Jangan ia memelihara banyak kuda, jangan mempunyai banyak istri dan jangan mengumpulkan emas dan perak terlalu banyak (lih. Ul. 17:16-17). Dikatakan "jangan" bukan berarti tidak boleh dijadikan hak milik. Faktanya, kuda, istri, serta emas dan perak itu baik bagi raja. Hanya porsinya tidak boleh berlebihan atau akan berakibat tidak baik. Coba telaah kisah Raja Salomo. Ia berubah setia pada Tuhan karena berlebihan istri. Ada 700 jumlah istrinya, ditambah 300 selir (ay. 3). Lagi pula mayoritas perempuan itu berasal dari bangsa-bangsa asing (ay. 1). Saat Salomo sudah tua, para istrinya mencondongkan hatinya pada ilah-ilah lain (ay. 4).

Berlebihan mengundang sifat keserakahan. Hati bukan lagi tertuju pada Tuhan, melainkan terpikat pada apa yang banyak pada diri kita. Jangan biarkan apa yang baik berubah tidak baik dengan menjaga porsinya. Lakukan setiap kegiatan dengan waktu seimbang. Inginkan secukupnya harta kekayaan dunia. Jika Tuhan berlimpah memberkati, berbagilah pada sesama yang membutuhkan.

—LIN/www.renunganharian.net


SESUATU YANG TAMPAK BAIK SAAT PORSINYA BERLEBIHAN,
PASTI NANTINYA MENDATANGKAN AKIBAT TIDAK MENGENAKKAN


Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan kami.
Rek. BCA No. 456 500 8880 a.n. Yayasan Pelayanan Gloria


Renungan via Hari Ini

Klik SUBSCRIBE + Tanda Lonceng 🔔 untuk mendapatkan notifikasi saat renungan terbaru sudah tersedia.